Usai Libur Akibat Wabah Korona, Pabrik Honda Wuhan Siap Kembali Berproduksi

Medikantyo, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 52 2162477 usai-libur-akibat-wabah-korona-pabrik-honda-wuhan-kembali-berfungsi-pekan-depan-xwyhBqAnZi.jpg Kegiatan produksi Honda di Wuhan siap berlanjut dalam dua pekan ke depan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SHANGHAI - Honda Motor Co menyampaikan kepastian operasi fasilitas produksinya di China, yang sempat terhenti akibat wabah virus korona (Coronavirus/nCov). Perwaklian produsen asal Jepang itu menyebut fasilitas produksi kolaborasi dengan Dongfeng Automobile akan kembali berkegiatan pada 14 Februari mendatang.

Dimulainya kembali kegiatan produksi dalam fasilitas pabrik Honda di Wuhan itu, menyusul adanya lampu hijau dari otoritas provinsi Hubei kepada segenap pelaku industri manufaktur untuk melanjutkan aktivitasnya. Wuhan, salah satu kota industri besar China, disebut menjadi sumber penyebaran virus korona yang sudah menewaskan 361 orang per Senin (3/2/2020).

 Honda

Sebelumnya penyebaran virus korona sendiri tidak hanya menghambat kegiatan perakitan mobil di pabrikan utama milik Honda dan Dongfeng tersebut. Sejumlah manufaktur penyedia komponen suku cadang mobil meliburkan karyawan, hingga mengalihkan lokasi produksi untuk mengantisipasi wabah tersebut, seperti dilansir dari laman Reuters.

Langkah itu contohnya dilakukan oleh pabrikan komponen pedal rem untuk mobil Honda, Ftech. Perusahaan tersebut mengalihkan pembuatan komponen pedal rem untuk Honda dari fasilitasnya di Wuhan menuju pabrik lain di Filipina, untuk memenuhi persediaan kebutuhan produsen asal Jepang tersebut.

Fasilitas produksi milik Ftech di Filipina tersebut sebelumnya menjadi basis penyediaan komponen untuk perakitan mobil Honda di Amerika Serikat dan Kanada. Dengan langkah pengalihan tersebut, pabrik yang sama akan mengirimkan komponen suku cadang untuk kebutuhan perakitan mobil Honda di Cina dan Jepang.

Terlepas dari sifat kebijakan yang tergolong sementara, Ftech sudah mengatur ketersediaan pasokan secara mendetail untuk tiap pabrik Honda. Ftech akan segera mengaktifkan kembali produksi serta pasokan perangkat pedal rem dari pabrik di Wuhan, segera setelah para pegawai menyatakan kesiapan untuk beraktivitas.

 Honda

Honda bekerjasama dengan Dongfeng mendirikan fasilitas produksi di Wuhan sejak 2003 lalu. Saat ini pabrik tersebut merakit beragam model seperti Honda Civic, CR-V, Elysion, Envix, Greiz, hingga XR-V untuk pasar otomotif China. Berdasarkan data pada 2018 lalu, kapasitas produksi pabrik ini mencapai 740.090 unit kendaraan per tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini