nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Diterobos Pemotor, Polisi Siapkan Kamera Tilang di JLNT Casablanca

Medikantyo, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 19:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 03 53 2162746 kerap-diterobos-pemotor-polisi-siapkan-kamera-tilang-di-jlnt-casablanca-kIPQF0BCQx.jpg Tilang elektronik diharapkan bisa mengurangi pelanggaran di JLNT Casablanca (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Maraknya pelanggaran lalu lintas di kawasan Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan, membuat Ditlantas Polda Metro Jaya mengambil langkah tegas. Nantinya, kamera pengawas sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) akan dipasang pada beberapa titik di jalur padat kendaraan bermotor tersebut.

Target dari pemasangan kamera ini, adalah para pengendara sepeda motor yang umumnya melanggar rambu larangan menggunakan JLNT tersebut. Kebijakan penerapan tilang elektronik tersebut, disampaikan langsung Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf.

Dalam tahap awal, pemasangan kamera pengawas ETLE ini masih akan bersifat portabel atau berpindah-pindah. "Kamera permanen dipasang kalau memang perlu dilakukan penindakan E-TLE di tempat-tempat yang dianggap rawan pelanggaran," kata Yusuf kepada awak media termasuk Okezone pada Senin (3/2/2020).

 Tilang Pemotor

Pemotor kerap menggunakan jalan layang sebagai cara menghindari kemacetan arus lalu lintas di jalur bawah. Penindakan secara langsung (tilang) oleh petugas kerap dilakukan, namun pemotor bertindak lebih nekat dengan melawan arus untuk menghindari denda atas pelanggaran yang dilakukan.

Penindakan pelanggaran lalu-lintas berbasis elektronik ini mulai diterapkan untuk pengendara sepeda motor, Sabtu 1 Februari 2020 lalu. Sementara ini, pemasangan kamera pengawas baru dilakukan pada dua titik, yakni kawasan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin dan Jalur Transjakarta koridor 6 Ragunan-Monas.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini