Mengenal Jenis Kendaraan Plug-In Hybrid Electrical Vehicle

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 52 2163203 mengenal-jenis-kendaraan-plug-in-hybrid-electrical-vehicle-4utxGlje8T.jpg Mitsubishi Outlander PHEV 2019. Foto : Istimewa

Kalau kita mengenal mobil hybrid atau hibrida sebagai mobil yang menggunakan dua jenis penggerak, yakni mesin dan motor listrik. Maka mobil Plug-In Hybrid atau lebih sering dikenal sebagai Plug-In Hybrid Electrical Vehicle (PHEV) juga tidak berbeda jauh dengan mobil hybrid.

Staf Pengajar Bidang Otomotif di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Juliandi S.ST menyebutkan mobil PHEV masih mengandalkan mesin pembakaran dalam motor listrik sebagai penyuplai tenaga.

Jika pada mobil hybrid, tegangan hanya diisi dengan putaran generator yang mengandalkan putaran mesin, mobil PHEV menggunakan tegangan PLN (Plug in) untuk mengisi daya baterai selain mengandalkan generator.

“Jadi, baterai mengalami pengisian secara otomatis oleh generator dan baterai juga bisa diisi oleh pemiliknya dengan mengecas pada tegangan PLN,”jelas Juliandi.

Salah satu jenis mobil PHEV yang sudah beredar di Indonesia adalah mobil Mitsubishi Outlander yang memadukan mesin gasoline 2,4 L motor dan baterai. Hanya di Indonesia, mobil jenis ini sering dianggap sebagai kendaraan bertenaga bensin karena masih ada knalpotnya.

Mobil menggunakan motor listrik dan tegangan PLN

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini