Motor Mogok Akibat Banjir, Cek 3 Bagian Ini

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 87 2163180 motor-mogok-akibat-banjir-cek-3-bagian-ini-GIqqwNNgJ2.jpg Motor mogok. Foto : Istimewa

Banjir selalu menjadi hal yang menyebalkan, menakutkan dan menjengkelkan bagi para pengendara sepeda motor. Selain tidak mudah melewati genangan air, bisa jadi air membuat kendaraan tidak bisa menyala alias mati.

Beberapa hal bisa menyebabkan motor mati atau mogok saat menerjang banjir. Jika motor mogok, jangan langsung panik. Periksa dulu tiga hal berikut ini :

1. Filter udara. Potensi air untuk masuk ke filter udara cukup besar lantaran komponen ini menyupali udara dari luar masuk ke dalam ruang bakar. Pada motor karburator, motor bisa berjalan normal setelah membuang bensin yang bercampur air dengan membuka skrup pembuangan di mangkuk karbu bagian bawah.

2. Busi. Penyebab masuknya air ke busi kebanyakan karena kepala (cop) busi yang sudah bercelah. Jika busi terkena air maka tidak akan ada pengapian di ruang bakar. Otomatis motor sulit menyala. Mudahnya, setelah melewati banjir, buka busi kemudian keringkan dengan kain kering. Jika kepala busi sudah bercelah, lebih baik diganti dengan yang baru.

3. Lubang knalpot. Jika sudah kemasukan air, coba angkat bagian roda depan motor dan pastikan air yang ada di knalpot benar-benar habis terbuang.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini