Mitsubishi Siagakan Mobil Khusus di Daerah Gempa

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 52 2163543 mitsubishi-siagakan-mobil-khusus-di-daerah-gempa-8dHjUUJ1LP.jpg Mitsubishi Outlander PHEV Saat peluncurannya di Jakarta (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

KOBE - Momentum peringatan ke-25 tahun bencana gempa besar Hanshin yang melanda Kobe, Jepang, ditandai dengan kerjasama otoritas kota tersebut dengan Mitsubishi Motors. Kesepakatan tersebut berkaitan dengan penerapan kendaraan Mitsubishi Outlander PHEV sebagai mobil tanggap bencana di Ibu Kota prefektur Hyogo itu.

Penggunaan mobil Mitsubishi Outlander PHEV itu dimaksudkan untuk memangkas waktu respons darurat saat terjadi bencana, dengan penyediaan kebutuhan bantuan ke wilayah terdampak. Selain menjadi alat transportasi penyaluran bantuan maupun tenaga medis, Outlander PHEV akan berperan sebagai penyedia tenaga listrik dan saluran komunikasi, seperti dilansir dari laman Response Jepang.

 Mitsubishi Outlander

Tercapainya kesepakatan ini merupakan bagian dari program DENDO Community Support dari Mitsubishi, yang bertujuan menyediakan kendaraan elektrifikasi dalam langkah tanggap bencana di Jepang. Sejauh ini sudah terdapat 21 pemerintah daerah di Jepang yang meyatakan keinginan menggunakan unit Mitsubishi Outlander PHEV tersebut.

Sebelumnya dalam ajang Tokyo Auto Salon 2020 lalu, Mitsubishi berkesempatan menunjukkan gubahan Mitsubishi Outlander PHEV sebagai unit tanggap bencana. Pengubahan tersebut, berupa penambahan teknologi komunikasi untuk menyediakan akses di lokasi bencana. Termasuk sebagai sumber penyedia tenaga sementara menggunakan paket baterai serta teknologi plug-in hybrid pada mobil ini.

Kemampuan paket baterai milik Outlander PHEV sebagai pengelola energi cadangan, pernah diungkap Team Task Force PT Mitsubishi Krama Yudha sales Indonesia (MMKSI), Yuta Yamashita, kepada Okezone "Arus listrik yang bisa dihasilkan mobil ini sebesar 1.500 Watt dan terbukti pernah menyalakan listrik rumah tangga selama 10 hari beruntun," ujarnya.

 Mitsubishi Outlander

Rangkaian mesin bawaan Mitsubishi Outlander di Jepang sendiri memiliki tipe MIVEC berkapasitas 2.0 L empat silinder DOHC berkode 4B11. Mesin konvensional itu mampu mengeluarkan kekuatan 117 Hp dan torsi puncak 185 Nm. Sementara rangkaian motor listriik ganda S61 memiliki kekuatan masing-masing 80 Hp, dengan torsi puncak sebesar 137 dan 195 Nm.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini