nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Gampang Cuci Motor Sendiri di Rumah

Mufrod, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 01:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 05 52 2163629 kiat-gampang-cuci-motor-sendiri-di-rumah-kxMYUJaWz6.jpg Ilustrasi cuci motor. Foto : Istimewa

Musim kerap membuat pengendara motor kesal. Selain karena genangan air, kotoran akibat banjir dan lumpur kerap membuat kendaraan jadi jelek dan tidak tampak keren.

Mungkin kita bisa menyelesaikannya dengan membawa ke tempat cuci motor. Sayang, kebanyakan tempat itu tidak mencuci detail bagian-bagian yang kotor. Kalau Anda punya banyak waktu luang dan ingin mencuci kendaraan sendiri, ini bisa dilakukan :

1. Siapkan Peralatan Cuci Motor

Sebelum mencuci motor, persiapkan peralatan untuk mencuci motor. Yang perlu Anda persiapkan adalah dua ember terpisah yang masing-masing berisi air sabun, dalam hal ini Anda bisa menggunakan gel pembersih dan siapkan juga spons halus. Siapkan juga air mengalir dari selang, atau Anda juga bisa siapkan air di dalam ember untuk membilas.

Shampoo khusus motor juga banyak dijual bebas di pasaran. Bila Anda memiliki shampoo khusus motor, Anda bisa gunakan shampoo motor, kalau tidak maka Anda bisa gunakan alternative lain seperti gel pembersih cuci piring yang bisa melunturkan lemak dan kotoran.

2. Pilih Waktu Yang Pas Ketika Mencuci Motor

Ketika mencuci motor, sebaiknya pilih waktu yang pas ketika mencuci motor. Ini sebanrnya fleksibel tergantung Anda bisa mencuci motor kapan dan jam berapa, hanya disarankan pilh waktu yang tidak terlalu panas seperti pada pagi hari atau sore hari. Karena apabila Anda mencuci ketika siang hari membuat sabun yang dibasuh cepat kering dan bisa berjamur.

Proses mencuci motor diawali dengan membasahi seluruh bagian motor dengan air bersih, setelah bagian motor sudah dibasuh air semua, maka proses selanjutnya menyabuni tiap-tiap bagian motor. Utamakan bagian bawah motor terlebih dahulu, karena bagian bawah motor yang rentan kotor. Sekaligus Anda juga bisa melakukan pengecekan pada bagian-bagian motor.

3. Bersihkan Bagian Area Mesin

Bersihkan area mesin motor secaar hati-hati dengan membalurinya dengan sampo motor, gunakan spon yang berbeda untuk area mesin. Bersihkan secara hati-hati dan Anda juga bisa sekalian mengecek keadaan mesin motor Anda.

4. Bersihkan Bagian Atas Motor

Sudah beres membersihkan bagian bawah motor, saatnya membasuh bagian atas motor. Usap secara merata bagian bodi motor mulai dari spakbor depan, fairing atau sayap, batok lampu, lampu depan dan belakang, sampai jok motor, dan pastikan seluruh bagian bodi atas dan bawah motor sudah merata dengan sabun. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih hingga tidak ada busa yang menempel pada motor.

5. Gunakan Kanebo Setelah Mencuci Motor

Jika dirasa sudah cukup, ambilah kanebo untuk mengusap seluruh permukaan motor. Gunakanlah kanebo karena kanebo mudah menyerap dan sebaiknya Anda tidak usah menggunakan lap. Diperhatikan pula untuk bagian mesin motor yang terkadang masih tergenang air, lap bagian mesin secara merata menggunakan kanebo.

6. Gunakan Semir Motor

Jika motor sudah benar-benar kering, khususnya apda bagian bodi motor maka gunakanlah semir motor yang mengandung bahan silicon pada bodi motor Anda, kemudian lap dengan menggunakan kain kering secara merata ke seluruh bodi motor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini