Generasi Terbaru Model Y Punya Empat Pilihan Tenaga Baterai

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 52 2163673 generasi-terbaru-model-y-punya-empat-pilihan-tenaga-baterai-5d8W28dCVl.jpg Tesla Model Y (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Upaya produsen mobil listrik Tesla melakukan penetrasi ke segmen kendaraan crossover, dilakukan dengan mengenalkan produk bernama Model Y. Perusahaan asal Amerika Serikat itu, mengungkap siap melakukan produksi awal varian mobil itu pada Maret 2020 ini dalam fasilitas produksi yang terletak di Fremont, California.

Tesla membangun kendaraan ini berdasarkan desain sedan Model 3 dengan SUV Model X, walaupun tidak menggunakan desain pintu gullwing. CEO Tesla, Elon Musk, dalam pernyatannya di pusat desain produk Tesla beberapa waktu lalu menyebut kendaraan ini "memiliki fungsi sebagai SUV dengan performa berkendara seperti sports car."

 Tesla Model Y

Kendaraan tersebut diperkirakan memiliki ukuran lebih besar sekitar 10 persen dibandingkan sedan Tesla Model 3, yang juga berbagi sebanyak 75 persen komponen dalam platform produksinya. Seperti saudaranya tersebut, Tesla Model Y juga ditawarkan dengan empat tipe sesuai dengan sistem roda penggerak serta jarak jelajah.

Pilihan yang tersedia dalam tahap awal produksi serta pemasaran Tesla tahun ini, adalah Long Range, Dual Motor, dan Performance. Ketiga pilihan tersebut targetnya dapat dikirimkan kepada konsumen mulai paruh kedua 2020 ini, sedangkan satu pilihan lain yakni Standard Range dijadwalkan meluncur pada kuarter pertama 2021 nanti.

Untuk spesifikasi Long Range dengan penggerak roda belakang (RWD) memiliki perkiraan jarak jelajah 483 Km dengan kecepatan maksimal 209 Kpj. Sementara tipe Long Range berpenggerak empat roda (AWD) dan Performance memiliki jarak jelajah sama yakni 507 Km. Perbedaan kedua tipe tersebut ada pada kecepatan maksimal yakni 217 Kpj untuk Long Range AWD, sementara Performance menyentuh 241 Kpj.

Tipe lain yang belum memasuki tahap produksi, yaitu Standard Range hanya mengusung jarak jelajah sekitar 370 Km berdasarkan perkiraan EPA. Sementara kecepatan maksimalnya menyentuh angka 193 Kpj. Tesla sendiri belum merilis kekuatan rangkaian motor penggerak mobil maupun kapasitas paket baterainya secara resmi.

 Tesla Model Y

Mobil ini rencananya akan diproduksi di sejumlah lokasi lain, seperti Gigafactory 3 yang terletak di China. Selain itu varian ini akan dibuat juga dalam fasilitas produksi Tesla Gigafactory 4, yang rencananya akan dibangun di Jerman. Tesla sendiri sudah membuka pemesanan secara daring maupun langsung di negara seperti Amerika Serikat dan China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini