Memahami Apa Itu Free Play pada Pedal Kopling

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 00 0000 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 87 2163540 -DaATVjh055.png Ilustrasi pedal kopling. Foto : Istimewa

Kopling atau pedal kopling merupakan komponen mobil yang hanya kita temukan pada kendaraan manual. Bagian ini menghasilkan tekanan hidraulik dari master cylinder dengan kekuatan dari tekanan injakan pedal. Tekanan hidraulik yang terbentuk pada master silinder akan diteruskan ke release cylinder yang akhirnya akan menekan kopling agar dapat menghubungkan dan memutuskan tenaga mesin.

Pada kendaraan manual, menurut Staf Pengajar Bidang Otomotif di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Juliandi S.ST proses pemindahan kecepatan harus diimbangi dengan penekanan pedal. Jadi, jika kendaraan sudah menggunakan transmisi otomatis alias matic maka pedal kopling jelas tidak diperlukan.

Anda mungkin mengenal istilah free play pedal kopling. Menurut Juliandi, ini yang disebut jarak bebas saat pedal kopling mulai ditekan hingga release bearing mulai menekan diaphragm spring. Ketika disc clutch aus, free play akan berkurang (semakin kecil). Jika keausan disc clutch terus bertambah hingga tidak ada lagi free play, maka akan mengakibatkan kopling selip.

Karena itu, sangat penting untuk menyetel panjang push rod pada release cylinder agar free play pedal kopling terpelihara dengan baik. "Saat ini banyak dipakai release cylinder yang dapat melakukan penyetelan sendiri, sehingga free play pedal kopling tidak dapat diatur melalui baut stopper pedal, tetapi free play pedal disesuaikan dengan mengatur panjang push rod,"kata Juliandi.

Freeplay pada pedal kopling 

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini