nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Berteknologi Otonom Ini Catatkan Rekor Uji Kendara di Inggris

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 01:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 06 52 2164011 mobil-berteknologi-otonom-ini-catatkan-rekor-uji-kendara-di-inggris-E4GBDgRDzD.jpg Situasi uji kendara mobil otonom Nissan Leaf (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Teknologi kendaraan otonom buatan Nissan memasuki tahapan baru dalam pengembangannya. Teknologi mobil swakendara yang tertanam pada unit model Nissan Leaf, menyelesaikan uji kendara sekaligus mencatatkan rekor terjauh dengan jarak 370 Km di Inggris.

Mobil tersebut dilengkapi fitur penunjang berjalannya teknologi kendaraan otonom seperti GPS, radar, Lidar, dan sistem kamera terpadu. Unit tersebut diberangkatkan dari pusat pengembangan teknik Nissan di Cranfield, menuju fasilitas produksi yang terletak di Sunderland, Inggris, seperti dilansir dari laman Carscoops.

 Nissan Leaf

Rute menuju fasilitas pabrik Nissan tersebut, membuat mobil Nissan Leaf otonom ini harus melewati beragam situasi lalu lintas. Contohnya melewati rangkaian bundaran, jalur bebas hambatan, tikungan dengan pembatas, serta melintasi jalan raya tanpa garis pembatas lajur maupun rambu yang memadai.

Dalam pengujian tersebut, teknologi kendali kendaraan otonom itu akan aktif ketika mobil harus berhenti, kembali berjalan, ataupun berpindah lajur selama berjalan. Pengujian ini berlangsung dengan pengawasan dua teknisi yang berada dalam kabin untuk menyelesaikan target uji kendara dengan kendali otonom sebesar 99 persen.

Teknisi tersebut hanya mengambil alih sistem, ketika kendaraan harus berhenti di empat titik istirahat untuk melakukan pengecekan serta pengisian ulang daya baterai. "Proyek pengujian HumanDrive ini memberi masukan untuk mengembangkan kendaraan otonom untuk mengatasi tantangan di beberapa daerah secara spesifik seperti Inggris," ujar Nissan Europe Project Manager, Bob Bateman.

Proyek HumanDrive sendiri merupakan inisiatif yang dilakukan Nissan, dengan bantuan sembilan konsorsium bersama Pemerintah Inggris serta pusat penelitian kendaraan otonom CCAV. Nilai investasi dalam proyek ini mencapai 13,5 juta Poundsterling atau sekitar Rp240 miliar.

 Nissan Leaf

Meski proyek ini mengambil lokasi penelitian di Inggris, Nissan mengambil hasil uji kendara ini sebagai bekal pengembangan teknologi kendaraan otonomnya secara global. Sejauh ini, sistem teknologi otonom Nissan ProPILOT baru dapat memberi bantuan berupa mengarahkan kemudi, melakukan akselerasi, juga mengerem dalam lintasan lurus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini