Legenda Mesin Rotary yang Suntik Mati Akibat Regulasi Emisi

Nizar, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 52 2164180 legenda-mesin-rotary-yang-suntik-mati-akibat-regulasi-emisi-lrF4cYNssF.jpg Mazda RX9 tak akan lagi gunakan mesin rotary (foto: Ist)

HIROSHIMA -Kisah legenda mesin rotary yang dikembangkan produsen Mazda tampaknya akan segera berakhir. Langkah tersebut diketahui dari rencana Mazda yang akan menggunakan mesin skyactive untuk generasi terbaru RX series yang kini mencapai model RX9.

Hilangnya mesin rotary di jajaran mobil sport Mazda tak lain akibat dari regulasi emisi yang sangat ketat dan membuat Mazda tak ingin berspekulasi untuk tetap menggunakan mesin rotarynya.  Mazda akan sematkan mesin Skyactiv-X inline six dengan turbocharged yang mampu menghempaskan tenaga sekitar 350 hp hingga 450 hp. Selain itu, nantinya sportcar tersebut bakal melaju melalui penggerak roda belakang dan digadang-gadang RX-9 akan menjadi pesaing ketat dari Toyota Supra MK5.

 Mazda RX9

Sementara itu, dari pabrikan Mazda sendiri telah mengkonfirmasi di tahun 2019 lalu bahwa pabrikan tersebut sedang mengembangkan mesin inline six baru yang dipadukan dengan teknologi Skyactiv-X. Dengan pengembangan dari mesin baru tersebut, Mazda menyatakan akan lebih masuk akal secara finansial untuk memasukkan mesin ini ke mobil sport mereka daripada mengembangkan mesin rotary baru yang kemungkinan tidak akan seefisien dari mesin Skyactiv-X inline six ini.

Seperti yang dijelaskan dalam kedua situs tersebut mengenai peluncurannya, Mazda tidak menyebutkan secara jelas kapan sportcar ini akan meluncur, tetapi diprediksi beberapa tahun ke depan RX-9 akan menghantam pasar global dan menjadi pesaing ketat dari Toyota Supra.

Perlu diketahui bahwasannya mesin rotary ikonik tersebut telah mendorong penjualan Mazda RX sebagai sportcar selama beberapa generasi dan diharapkan untuk menghidupkan kembali mesin rotary baru dari Mazda, yang sedang merayakan ulang tahun keseratusnya pada tahun 2020.

 Mazda RX9

Selain itu mesin rotary Mazda ini dipakai pada kendaraan seperti model RX-2, RX-3, RX-7, dan yang terakhir merek adalah Mazda RX-8 2012, yang mengusung mesin 1.300 cc dan mampu melesat 0-100 kpj hanya ditempuh dalam kurun waktu 6,2 detik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini