nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi Pengereman Khusus Pengemudi Lansia Jadi Perhatian Produsen Mobil

Nizar, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 06 52 2164189 teknologi-pengereman-khusus-pengemudi-lansia-jadi-perhatian-produsen-mobil-qISPlagI7q.jpg Pedal Rem khusus lansia (foto: Ist)

TOKYO - Industri otomotif yang berbasis di Jepang, Toyota Motor Corp, telah luncurkan sebuah gagasan fitur keselamatan terbaru yang bernama Accelerator Brake. Nantinya fitur tersebut akan mengumpulkan big data dan membaca data mobil-mobil terkoneksi yang beroperasi di jalan. Serta sistem tersebut juga akan bekerja secara otomatis tanpa perintah dari pengemudi sendiri.

Sistem tersebut merupakan sebuah jawaban perusahaan terhadap penyebab kecelakaan lalu lintas yang semakin sering terjadi di Jepang dikarenakan seringkali pengmudi berusia lanjut, keliru pada saat menginjak pedal.

 Pedal rem

Berdasarkan data dari pemerintah Jepang sendiri, menyatakan bahwasannya 15 persen kecelakaan berat di jalan raya sepanjang 2018 disebabkan oleh seorang pengemudi dengan rata-rata usia yang berumur 75 tahun ke atas dan dari latar belakang masalah yang timbul inilah Toyota menghadirkan teknologi tersebut.

 Pedal Rem

Selain itu, fitur ini tidak seperti fitur keselamatan dari produsen mobil lainnya, sistem baru tersebut tidak memerlukan adanya sebuah kejadian ataupun objek penghalang untuk berfungsi.

Sebelumnya Toyota juga diketahui telah memiliki sebuah fitur keamanan yang bernama Safety Sense yang meluncur pada tahun 2015 lalu. Sistem ini berfungsi untuk melakukan pengereman darurat secara otomatis dan lane departure alert (radar yang bisa mendeteksi adanya kendaraan di samping kiri atau kanan yang bisa membahayakan posisi mobil).

 Pedal rem

Dan pada 2018 lalu, Toyota kembali menghadirkan fitur keamanan Safety Sence generasi kedua yang memungkinkan mobil untuk mengenali objek pejalan kaki di malam hari dan pengendara sepeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini