Membandingkan Performa Dua Hatchback Jepang

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 52 2164515 komparasi-spesifikasi-performa-dua-hatchback-buatan-jepang-QND12y3w5Z.jpg Model hatchback Honda Civic RS saat meluncur di Jakarta (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Kehadiran generasi baru Honda Civic Hatchback RS ini membuka persaingan di segmen serupa dengan model seperti Mazda3 Hatchback. 

Kedua varian buatan Jepang beda produsen ini memiliki spesifikasi mesin dengan performa yang cukup berdekatan ditambah kelengkapan fitur sampai rentang harga setingkat.

Label model RS pada pembaruan Civic Hatchback Honda ini disebut membawa karakter sporty dan stylish. "Karakter varian RS yang merupakan global sporty Icon dari Honda berpadu dengan heritage atau tradisi dari keluarga Civic,"ujar Business Innovation and Sales & Marketing Diretor PT HPM, Yusak Billy saat peluncuran Civic di Jakarta, Kamis (6/02/2020).

 Honda Civic RS

Rangkaian mesin yang digunakan dalam dapur pacu Honda Civic Hatchback RS mengusung tipe VTEC berkapasitas 1.5 L dengan perangkat turbo. Sementara untuk model Mazda3 yang diperkenalkan pada GIIAS 2019 lalu, membawa mesin SKYACTIV empat silinder segaris dengan kapasitas 2.0 L DOHC.

Berdasarkan perhitungan di atas kertas, Honda Civic justru memiliki kekuatan mesin lebih besar dibandingkan pesaingnya Mazda3 Hatchback. 

Mesin milik Civic Hatchback RS mampu mencapai tenaga sebesar 170 hp dengan torsi puncak sebesar 220 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm. Sedangkan kekuatan maksimal mesin Mazda3 Hatchback menyentuh 153 hp dan torsi 200 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Honda memasang sistem transmisi otomatis CVT untuk menyalurkan seluruh tenaga hasil keluaran mesin Civic Hatchback RS, ditambah fitur paddle shift tujuh percepatan di kemudi. Pilihan sistem transmisi otomatis juga diusung oleh Mazda3 Hatchback dengan tingkatan enam percepatan.

 Mazda

Kedua mobil tersebut mengusung sistem suspensi depan bertipe MacPherson Strut, sementara perbedaan terletak pada bagian belakang. 

Honda Civic Hatchback RS memiliki suspensi multi-link, sementara pada Mazda3 Hatchback terpasang tipe torsion beam axle. Untuk banderol harga Honda Civic Hatchback RS ditawarkan Rp499 juta sementara Mazda3 Hatchback memiliki label Rp497,8 juta.

Hathcback merupakan bentuk mobil penumpang 2-boks berbasis sedan, dengan bagian belakang lebih pendek dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Pintu bagasi ini membuka ke atas dan ruang bagasi menyatu dengan ruang penumpang. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini