Tren Kendaraan LSUV, Produsen Hati-hati

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 52 2164552 tren-kendaraan-lsuv-produsen-hati-hati-UJhh9IXFKP.jpg Mitsubishi Xpander Cross saat meluncur di Jakarta (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Pasar otomotif di Tanah Air memiliki kecenderungan unik, dengan adanya langkah produsen menggubah sejumlah model MPV dengan karakter tampilan SUV. Ambil contoh langkah yang dilakukan oleh Mitsubishi menghadirkan model Xpander Cross, ditambah isu akan meluncurnya Suzuki XL7 yang disebut bersaing di kelas LSUV.

Racikan yang dilakukan Mitsubishi adalah memasangkan spesifikasi sekelas SUV, kepada varian kendaraan MPV produsen tersebut, Xpander. Sedangkan rancangan Suzuki XL7 dikabarkan memakai model gubahan ala SUV, dengan basis platform produksi MPV Ertiga yang awalnya dilakukan oleh perusahaan itu di India.

 Honda BR-V

Mobil semacam itu sebenarnya dilakukan oleh produsen lain, yakni Honda, lebih awal dengan memadukan fungsi kendaraan MPV Honda Mobilio dengan karakter SUV dari HR-V. Kombinasi tersebut lantas dipasarkan sebagai Honda BR-V, yang diluncurkan di Tanah Air pada 2015 lalu.

Tren pengembangan model seperti ini membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebut akan menunggu perkembangan di segmen tersebut. Lantas menentukan apakah memang harus mengikuti tren maupun melakukan pembaruan terhadap produk dengan karakter tersebut yang sudah ada, yakni Honda BR-V.

Kehati-hatian itu diungkap oleh Business Innovation and Sales & Marketing Diretor PT HPM, Yusak Billy. "Semua itu masih melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen, baru kita melihat apa yang bisa kami lakukan mengenai munculnya tren pasar ini," katanya kepada awak media termasuk Okezone di kawasan Jakarta Selatan pada Kamis (6/2/2020).

Berkembangnya pasar kendaraan di ranah kendaraan berkarakter SUV, menjadi perhatian sejumlah produsen untuk menarik konsumen di Tanah Air. Bahkan, dalam kurun waktu awal 2020 ini produsen seperti Kia dan Mazda kembali meluncurkan unit model SUV kompak untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia.

 Mitsubishi

Selain model seperti BR-V, Honda sendiri memiliki kendaraan berjenis SUV dalam lini produknya di Indonesia, seperti CR-V dan HR-V. Bahkan, model Honda CR-V sendiri sudah beredar selama dua dekade secara global, namun saat ini berada di golongan rentang harga Rp463,9 juta on the road Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini