Saat Hantam Lubang, Airbag Mobil Otomatis Mengembang

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 01:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 52 2164904 mobil-hantam-lubang-bisa-bikin-airbag-mengembang-ZrVT6bIFvj.jpg Airbag mobil (foto: ist)

JAKARTA - Di musim hujan ini, para pengemudi mesti hati-hati mengendarai mobil dan motor. Pasalnya, banyaknya lubang di jalanan yang rusak akibat banjir bisa membahayakan Anda dan kendaraan.

Di saat genangan, bisa jadi Anda tidak tahu apakah jalanan yang dilewati berlubang. Apalagi bila sama sekali tidak hafal seluk beluk jalan yang dilalui saat itu. Benturan pasti terjadi dan sulit dihindari. Terlebih bila kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi.

Yang perlu Anda pahami, saat mobil menghantam lubang di jalan bisa menyebabkan terkembangnya airbag secara otomatis. Ini merupakan bagian dari aktifnya sistem keselamatan di dalam mobil.

Airbag 

Meledaknya airbag saat mobil menghantam lubang di jalan, karena sensor pada airbag membaca adanya benturan yang kuat sehingga memerintahkan perangkat airbag eluar guna melindungi penumpang dan pengemudi di dalam mobil.

Pengujian meledaknya airbag di dalam mobil juga dibuktikan Warped Perception yang menguji kinerja sensor airbag pada Mercedes Benz E-Class. Dalam pengujian itu, mobil dilaju dengan kecepatan 45-60 kilometer per jam dan menghantam lubang di jalan.

 Airbag

Hasil dari pengujian, airbag di bagian samping meledak membuktikan benturan di ban yang mencapai permukaan bodi mampu membuat sensor membaca adanya benturan yang cukup kuat hingga airbag keluar.

Karenanya penting bagi pengemudi untuk meminimalisir risiko meledaknya airbag di mobil, terlebih saat melintas di jalan berlubang untuk bisa mengatur kecepatan.

 Airbag mobil

Jika airbag telah meledak, tentu pemilik mobil harus melakukan perbaikan ke bengkel. Kondisi tersebut menyulitkan saat tengah melakukan perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini