Ingat, Pemotor Memaksa Lewati Genangan Air Bisa Rusak Mesin

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 87 2165193 ingat-pemotor-memaksa-lewati-genangan-air-bisa-rusak-mesin-kLI2o8krep.jpg Motor melibas genangan air (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Kondisi sejumlah ruas jalan di Jakarta yang tergenang air selepas hujan deras membawa risiko bagi pengendara motor, terlebih bagi yang nekat menerobos banjir tersebut. Karena kenekatan itu bisa memicu terjadinya kerusakan rangkaian mesin kendaraan roda dua tersebut.

Menurut pernyataan Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno, pemotor sebaiknya mencari rute alternatif menghindari genangan selagi bisa. Kalaupun terpaksa melewati genangan tersebut, Endro menyampaikan batas aman yang bisa menjadi patokan.

 Pemotor

Pengguna motor bisa mengukurnya dari ketinggian air dengan posisi mesin unit kendaraannya. "Hindari melewati genangan banjir yang tingginya sudah di permukaan saringan udara motor," ujar Endro ketika dihubungi oleh Okezone melalui pesan singkat.

Motor yang melaju menerobos genangan air melebihi ketinggian perangkat saringan udara, bisa mengalami kerusakan berupa water hammer. Air dari genangan tersebut terhisap melalui saringan udara, sehingga masuk ke ruang bakar dan memengaruhi kompresi pembakaran.

Dampak paling besar dirasakan oleh komponen piston pada ruang pembakaran, karena melakukan kompresi bahan bakar yang tercampur air. "Akibatnya motor mogok, sementara komponen piston rusak," ujar Endro. Kondisi piston yang bengkok karena water hammer ini pun wajib diganti dengan komponen baru.

Ketinggian genangan air juga tidak selalu menjadi patokan aman bagi pemotor untuk dapat melintas dengan tenang. Biker wajib memperhatikan datangnya gelombang air akibat lintasan kendaraan dengan ukuran yang lebih besar, yang juga bisa menyebabkan air masuk ke perangkat penyaring udara.

 Pemotor genangan

Selain kemungkinan bahaya terjadinya water hammer pada ruang pembakaran dalam rangkaian mesin motornya, pengendara juga wajib memeriksa kondisi komponen lain. Terutama pada bagian kelistrikan maupun rangka motor yang secara langsung bersentuhan dengan genangan air tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini