nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

21 Jalan di Jakarta Tergenang, Ingat Lagi Bahaya Water Hammer

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 15:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 08 53 2165409 21-jalan-di-jakarta-tergenang-ingat-lagi-bahaya-water-hammer-Vk3Zd8ERQR.jpg Sepeda motor libas banjir (foto: ist)

JAKARTA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, mengungkap sebanayk 21 jalan di Jakarta tergenang banjir hingga 60 cm, akibat hujan deras yang terus mengguyur.

Banyaknya jalan yang tergenang, penting bagi pemilik kendaraan untuk kembali mengingat bahaya menerobos genangan air saat terjadi banjir. Salah satu risiko yang terjadi yakni water hammer.

Banjir 

Kondisi tersebut, bisa terjadi jika pengendara sepeda motor nekat menerjang genangan air. Dengan ketinggian tertentu, saat menerjang banjir air bisa terhisap melalui saringan udara dan akan masuk ke ruang bakar.

Saat terjadi proses kinerja pembakaran di dalam mesin, air yang masuk bisa merusakn perangkat piston dan ring piston. Akibatnya komponen tersebut bisa menyebabkan bengkok karena adanya air yang masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno, pengendara motor baiknya tidak memaksakan diri melibas genangan air yang dalam agar tak berisiko air masuk melalui saluran udara.

 Banjir

Ia menambahkan, jika harus memaksakan melintas di tengah genangan air, pastikan ketinggian air tidak melebihi saluran udara pada sepeda motor. "Jika memaksa harus melewati genangan, baiknya pastikan ketinggian air tidak melebihi posisi filter udara di sepeda motor," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini