Intip Spesifikasi Mobil Pertama Dunia yang Hadir di Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 52 2165652 intip-spesifikasi-mobil-pertama-dunia-yang-hadir-di-indonesia-X0ju3XXa2O.jpg Mobil pertama di dunia hadir di Indonesi (Foto: Medikantyo/Okezone)

JAKARTA - Sejarah hadirnya mobil pertama di dunia ternyata hanya memiliki tiga roda, tidak seperti mobil yang saat ini telah berkembang pesat. Namun mobil tiga roda tersebut menjadi cikal bakal lahirnya mobil yang banyak digunakan manusia sebagai moda transportasi efektif.

Tokoh dibalik hadirnya perkembangan mobil saat ini tak lain Carl Benz, pria asal Jerman ini berhasil mematenkan kendaraan tiga roda yang kini berkembang sebagai kendaraan empat roda.

 Mercedes Benz

Dalam sejarahnya, Benz sendiri bersama Gotlieb Daimler mengembangkan mobil yang terus diperbaharui dan hingga kini menjadi tokoh pelopor berdirinya produsen otomotif Daimler merek dari Mercedes Benz.

 Mercedes Benz

Mobil pertama yang dikembangkan Benz sendiri secara spesifikasi memiliki mesin silinder tunggal berkapasitas 950 cc. Tenaga dari mesin tersebut mencapai sekitar 0,73 hp pada putaran mesin 400 rpm. Seluruh kekuatan mesin tersebut disalurkan melalui transmisi berkecepatan tunggal tanpa memiliki gigi mundur.

Benz disebut memilih desain tiga roda, dengan dua di belakang lebih besar, akibat tidak puas dengan opsi sistem kemudi roda empat yang ada. Mobil yang mampu mengangkut dua orang dewasa ini, memiliki bobot termasuk mesin mencapai 263 kilogram.

Replika dari mobil tersebut menjadi milik Museum Nasional Indonesia, melalui seremoni penyerahan dari Mercedes Benz Indonesia pada Sabtu (8/2/2020). Unit yang dihibahkan tersebut menjadi satu dari sekitar 90 unit yang dirakit secara global.

Mercedes Benz Indonesia menyebut sudah memiliki unit replika itu selama 20 tahun terakhir, yang sebelumnya diletakkan pada lobi kantor produsen tersebut. "Kini replika ini bisa menjadi bagian dari edukasi mobilitas kepada masyarakat luas," Manager Public Relations Department Mercedes Benz Indonesia, Dennis Kadaruskan.

 Mercedes Benz

Hadirnya unit replika tersebut sekaligus menjadi kendaraan berbentuk mobil pertama, yang dikoleksi Museum Nasional Indonesia. "Sejauh ini banyak koleksi merupakan perahu, sepeda klasik, bahkan becak. Ini menjadi kendaraan bermesin modern pertama dalam koleksi Museum Nasional," kata Kepala Museum Nasional Indonesia, Siswanto.

Penyerahan unit kendaraan bermotor pertama di dunia Benz Patent-Motorwagen kepada Museum Nasional Indonesia, menjadi bagian dari perayaan kehadiran produsen tersebut di Tanah Air selama 50 tahun. Produsen asal Jerman itu memiliki fasilitas produksi di Wanaherang, Jawa Barat sejak 1982.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini