Kenali Gejala Kerusakan Baterai Mobil Hybrid Akibat Terjang Banjir

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 52 2165755 kenali-gejala-kerusakan-baterai-mobil-hybrid-akibat-terjang-banjir-D0nFlS1Tme.jpg Mobil hybrid lakukan perbaikan (foto: Okezone)

JAKARTA - Mobil hybrid memiliki rangkaian komponen baterai, sebagai sumber utama tenaga listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan motor di bagian roda. Dua komponen tersebut, ditempatkan bagian bawah, karenanya sangat rentan saat menerobos genangan banjir.

Kerusakan paling parah bisa dialami oleh komponen paket baterai mobil hybrid, seperti disampaikan Service Head Auto2000 Jayakarta, Hendra Leksmono.  Baterai yang terdiri dari sel kering, akan rusak jika terendam maupun menyentuh air dalam jangka waktu lama.

 Mobil hybrid

Sistem mobil biasanya akan memberi tanda terkait kerusakan baterai, apabila komponen itu terkena air. "Sistem peringatan akan menyala untuk memberitahu pengendara, karena tidak ada daya dikeluarkan karena sel baterai rusak. Bahkan ada yang bertahan hanya setengah jam," ujar Hendra saat ditemui Okezone di kawasan Glodok, Jakarta.

Untuk menghilangkan masalah tersebut, Hendra menyebut penggantian baterai menjadi kewajiban untuk mobil hybrid terdampak genangan banjir. "Komponen elektronik seperti baterai memang risikonya tinggi. Apalagi baterai yang selalu mengalirkan listrik walaupun mesin mobil hybrid mati." katanya.

Paket baterai mobil hybrid sendiri biasanya terletak di bagian dasar lantai pada bagasi belakang mobil. Apabila genangan air sudah setinggi roda atau diperkirakan setara dengan bawah jok, dipastikan komponen baterai ikut terendam sehingga berdampak pada kerusakan sel di dalamnya.

 Mobil Hybrid

Kerusakan sel ini akan menurunkan kapasitas daya baterai secara drastis, sehingga tidak bisa menunjang sistem kerja hybrid secara sempurna. "Bahkan dalam sebuah kasus saat dipaksakan memakai baterai rusak tersebut, kekuatannya cuma bertahan tak sampai setengah jam," kata Hendra menjelaskan.

Mengganti paket baterai mobil hybrid biasanya memakan waktu sekitar 12 jam , dikarenakan proses pembongkaran lantai bagasi mobil ditambah bobot dari baterai tersebut. Untuk penghitungan biaya menurut perhitungan Hendra, kisarannya bisa mencapai Rp50 juta hanya berdasarkan pada harga komponen baterai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini