Batas Aman Ketinggian Air yang Bisa Dilewati Mobil Hybrid

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 52 2165761 batas-aman-ketinggian-air-yang-bisa-dilewati-mobil-hybrid-dq9WSPluKP.jpg Mobil hybrid (foto: Mufrod/Okezone)

JAKARTA - Mobil hybrid yang dipersenjatai dua penggerak yakni mesin konvensional dan motor listrik dengan tenaga baterai yang tersimpan sangat rentan rusak saat melibas banjir ataupun terendam air banjir.

Letak posisi baterai di bagian bawah pun menjadi masalah utama pada mobil hybrid jika harus dipaksa melibas banjir. Meski baterai pada mobil listrik memiliki pelindung terhadap air, namun risiko terjadinya kerusakan tetap bisa terjadi.

 Mobil hybrid

Menurut Service Head Auto2000 Jayakarta, Hendra Leksmono, ada batas maksimal ketinggian air yang aman untuk bisa dilalui mobil hybrid. Ketinggian air tersebut masih berada di bawah posisi baterai.

"Ketinggian air yang aman untuk dilintasi tentu tak boleh melebihi ukuran ban yang digunakan, atau sekira 30 cm batas aman maksimal ketinggian air yang bisa dilewati," katanya.

 Mobil Hybrid

Ia menambahkan jika dipaksa melibas genangan lebih dalam, diibaratkan seperti menceburkan ponsel ke dalam air. Sehingga rentan mengalami kerusakan, terlebih jika sudah terkena air.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini