nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tekan Angka Kecelakaan, Eropa Akan Larang Mobil SUV di Perkotaan

Mufrod, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 16:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 10 52 2166204 tekan-angka-kecelakaan-eropa-akan-larang-mobil-suv-di-perkotaan-FUeAgcAeI3.jpg Eropa larang penggunaan mobil SUV (foto: Ist)

LONDON - Dewan keselamatan transportasi Eropa saat ini tengah mempertimbangkan penggunaan mobil SUV di jalan perkotaan. Rencana larangan tersebut akan dilakukan mengingat banyaknya kecelakaan yang terjadi pada pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Larangan penggunaan mobil SUV sendiri, tak lepas dari beberapa peristiwa kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi mobil SUV. Dasar inilah yang membuat munculnya larangan penggunaan mobil SUV di Eropa.

 Pesepeda di jalan raya

Dewan Keselamatan Transportasi mengungkap salah satu yang membuat mobil SUV menjadi salah satu penyebab terjadinya kematian dari kecelakaan yang terjadi, karena mobil SUV, memiliki dimensi yang lebih besar. Salah satunya bumper yang cukup tinggi dan bobot yang cukup berat.

 Pesepeda di jalan raya

Dengan posisi bumper tersebut, mobil SUV dinilai sangat rentan membahayakan pejalan kaki dan pengendara sepeda yang banyak di jalur perkotaan. Tercatat sebanyak 70 ribu korban pejalan kaki dan pengendara sepeda mengalami kecelakaan sepanjang 2010 hingga 2018.

Kecelakaan juga dikaitkan dengan peristiwa pengemudi Porsche Macan yang menewaskan empat orang pejalan kaki yang tengah menunggu di persimpangan. Peristiwa tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang meningkatnya angka kecelakaan yang akan timbul akibat penggunaan mobil SUV di kemudian hari.

 Pesepeda di jalan raya

Lembaga keselamatan transportasi juga menambahkan bahwa kematian pengendara sepeda dan pejalan kaki merupakan 29 persen dari semua kematian di jalan yang tercatat di UE, dan 99 persen kematian pejalan kaki dan 83 persen dari kematian pengendara sepeda disebabkan oleh insiden dengan kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini