Ini Mobil Listrik Pilihan Aktor Terbaik Oscar 2020

Medikantyo, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 52 2166258 ini-mobil-listrik-pilihan-aktor-terbaik-oscar-2020-LxNKt1vHys.jpg Tesla Model S (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Peraih piala Oscar sebagai Aktor Terbaik tahun ini, Joaquin Phoenix, merupakan pecinta otomotif khusus kendaraan ramah lingkungan. Jenis kendaraan yang jadi pilihannya adalah sedan Tesla Model S. Namun, terungkapnya pilihan mobil Joaquin tersebut berkaitan dengan sebuah insiden pada Oktober 2019.

Joaquin terlibat dalam kecelakaan lalu lintas saat berkendara di daerah West Hollywood, Los Angeles. Aktor 45 tahun bermaksud keluar dari area parkir, namun salah perhitungan saat berbelok ke arah kanan sehingga menabrak kendaraan paramedis yang sedang terparkir.

 Tesla

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak mengalami cedera serius, walaupun mobil Tesla miliknya mengalami kerusakan pada panel sebelah kanan depan. Berdasarkan keterangan saksi kejadian, yang dilansir dari laman Daily Mail, terungkap bahwa mobil yang dikendarai Phoenix berjenis Tesla Model S.

Mobil tersebut merupakan satu dari tiga varian yang ditawarkan Tesla dalam lini produknya saat ini. Pada awalnya sedan lima pintu tersebut ditawarkan dengan empat pilihan baterai, yakni 75 kWh, 85 kWh, 90 kWh, dan 100 kWh. Namun, sejak 2019 lalu Tesla hanya menawarkan opsi 100 kWh dan dibagi ke dalam tipe Performance dan Long Range.

Baterai tersebut menjadi sumber tenaga utama bagi dua unit motor penggerak berkekuatan total 605 hp dengan torsi mencapai 931 Nm. Kekuatan tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis menuju sistem penggerak empat roda (AWD), untuk melaju hingga kecepatan 250 hingga 261 Kpj.

Jarak tempuh dari dua tipe Tesla Model S yang ditawarkan saat ini memiliki perbedaan. Masing-masing ditawarkan dengan jarak tempuh 510 km (Performance) dan 525 km (Long Range), dalam kondisi daya baterai terisi penuh. Baterai pada mobil ini sudah bisa menerima pengisian cepat serta didukung pengisian energi regeneratif dari sistem pengereman.

 Tesla Model S

Terlepas dari kecelakaan yang menimpa Phoenix, mobil ini sudah dilengkapi fitur keamanan seperti sistem pengereman ABS, Electronic Stability Control (ESC), Driveline Traction Control, sensor parkir depan maupun belakang, hingga Blind Spot Sensors. Selain itu pengendara dan penumpang mendapat perlindungan dari Dual Stage Seat-mounted Side Airbags.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini