Pentingnya Memperhatikan Blind Spot Saat Menyalip Kendaraan Besar

Medikantyo, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 52 2166378 pentingnya-memperhatikan-blind-spot-saat-menyalip-kendaraan-besar-ZY2b6rLJKd.jpg Ilustrasi kendaraan pada sisi blind spot pengemudi truk (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Pengemudi kendaraan berukuran besar seperti truk angkutan barang, memiliki area tak terpantau (blind spot) terhadap pengendara lain di sekitarnya, saat melaju di jalan raya. Sehingga pengguna kendaraan di dekatnya wajb waspada saat melakukan manuver, maupun saat berniat mendahului kendaraan lebih besar di depan.

Area yang tidak terpantau oleh pengemudi kendaraan besar seperti truk angkutan barang terletak pada belakang kendaraan, sisi samping kabin pengemudi, maupun tepat di depan truk tersebut. "Jarang ada pengemudi kendaraan kecil yang mengetahui titik blind spot ini," kata Instruktur Senior Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), Sumantri.

 Blind Spot

Seberapa jauh area blind spot tersebut didasarkan pada tinggi kendaraan angkutan barang berupa truk tersebut. "Untuk truk tronton berukuran besar kurang lebih jaraknya sekitar lima meter, baik sisi samping, juga depan. Perkiraan saja karena tergantung tinggi rendahnya mobil (truk)," kata Sumantri saat ditemui Okezone.

Wilayah blind spot kendaraan angkutan besar secara umum menurut Sumantri, mencakup semua sisi lain yang tidak terlihat pengemudi. Sehingga pengguna jalan dengan kendaraan lebih kecil patut lebih waspada serta memperhatikan pergerakan kendaraan besar di depannya, sebelum memaksakan melakukan manuver.

Risiko mengabaikan blind spot kendaraan besar, sering berujung pada insiden fatal berupa kecelakaan lalu lintas. Bahkan kerap terdengar kasus pengendara sepeda motor maupun mobil, yang meregang nyawa akibat kendaraannya terlindas kendaraan angkut berukuran besar.

 Blind Spot

Keputusan untuk berkomunikasi dengan pengendara truk dengan menyuarakan klakson sebelum menyalip, bisa berguna sebagai sinyal. Paling penting, pastikan kondisi jalan termasuk jarak yang dibutuhkan tergolong aman ketika hendak menyalip kendaraan berukuran besar tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini