Kendaraan Terdampak Banjir Wajib Periksa Berkala, Ini Alasannya

Medikantyo, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 87 2166298 kendaraan-terdampak-banjir-wajib-periksa-berkala-ini-alasannya-LMeYWES2YZ.jpg Ilustrasi perbaikan mobil di bengkel Auto2000 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Pemilik mobil terdampak banjir, patut memberi perhatian lebih kepada kondisi kendaraannya dalam jangka waktu panjang. Perawatan secara rutin wajib dilakukan, terlepas sudah melakukan perbaikan total melalui bengkel resmi sebagai penanganan pertama setelah mobil tergenang air.

Hal tersebut disampaikan oleh Service Head Auto2000 Jayakarta, Hendra Leksmono, saat ditemui Okezone di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Menurutnya setelah melakukan perbaikan menyeluruh melalui bengkel resmi, mobil terdampak banjir mungkin menunjukkan kendala yang mengganggu kenyamanan pengendara.

 Perbaikan mobil

Munculnya gejala tersebut tidak dapat diprediksi secara utuh oleh teknisi saat perbaikan sebelumnya. "Perbaikan setelah kebanjiran itu tidak bisa 100 persen normal kembali, misalnya komponen kelistrikan mungkin menunjukkan status normal saat diuji teknisi. Tetapi bisa saja muncul gejala kerusakan beberapa bulan setelahnya," kata Hendra.

Mobil yang selesai dari proses perbaikan terdampak banjir sendiri, selalu diserahkan kepada pelanggan dalam keadaan layak. Pengecekan kondisi dilakukan pada tahap akhir melalui penggunaan sistem komputer seperti tidak adanya pesan kesalahan, berfungsinya sistem penggerak ataupun akselerasi, serta pengereman mobil secara normal.

Untuk mengantisipasi gejala maupun kendala pada mobil terdampak banjir setelahnya, Hendra menyarankan pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan rutin di bengkel. "Efek dari banjir ini mungkin satu sampai tiga bulan setelah servis bisa muncul problem yang tidak bisa kita prediksi sebelumnya, makanya harus kita rutin cek lagi," katanya.

Secara umum penanganan mobil terdampak banjir melalui bengkel resmi seperti Auto2000 dilakukan secara menyeluruh. Dari melakukan pembersihan bagian interior alias kabin kendaraan, mengecek kondisi bagian mesin serta kelistrikan, sampai menangani kondisi kaki-kaki seperti suspensi yang memiliki potensi berkarat.

 Perbaikan mobil

Proses perbaikan kendaraan terdampak banjir yang memakan biaya serta waktu, seharusnya menjadi pertimbangan pengemudi sebelum memaksa melewati genangan banjir. Mobil jenis apapun, menurut Hendra, sebaiknya menghindari genangan jika sudah melewati ketinggian setara setengah dari ukuran ban.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini