Rem ABS Berpotensi Timbulkan Percikan API, Hyundai Diminta Recall 400 Ribu Mobil

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 11 52 2166532 rem-abs-berpotensi-timbulkan-percikan-api-hyundai-diminta-recall-400-ribu-mobil-Uv8JoVEgms.jpg Ilustrasi pedal rem mobil (foto: Ist)

LOS ANGELES - Perintah penarikan kembali unit kendaraan untuk perbaikan (recall) diterbitkan Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat (NHTSA) untuk model Hyundai Elantra. Unit yang terdampak recall tersebut mencakup model Hyundai Elantra generasi keempat buatan 2006 sampai 2011 lalu.

Penyebab munculnya recall model sedan keluaran Hyundai tersebut adalah masalah pada sistem teknologi pengereman ABS. Seperti dilansir dari laman Carscoop, terdapat potensi terjadinya hubungan pendek arus listrik pada modul sistem pengereman ABS tersebut yang bisa memicu percikan api.

 Kampanye Perbaikan

Arus pendek yang terjadi pada modul tersebut, dikarenakan sistem modul terus mendapat saluran energi listrik walaupun kendaraan telah dimatikan. Hal tersebut bisa memicu kebakaran unit mobil, apabila terjadi embun atau kontak air dengan modul ABS yang teraliri listrik tersebut.

Perbaikan ini ditujukan kepada 429.686 unit kendaraan model Hyundai Elantra rakitan Korea Selatan selama Agustus 2005 sampai November 2010. Angka itu, sudah termasuk langkah recall untuk model Hyundai Elantra Touring buatan pabrik yang sama selama Juni 2007 sampai Desember 2010.

 Sistem ABS

Teknisi pada bengkel resmi Hyundai akan memangkat perangkat baru, yang memangkas aliran listrik menuju modul ABS saat mesin kendaraan sudah dimatikan. Hyundai disebut akan melakukan penggantian biaya untuk kendaraan yang sudah lebih dulu mendapat perbaikan sebelum recall diumumkan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini