nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riskan, Menikung dengan Kecepatan Tinggi pada Mobil Berbodi Tinggi

Mufrod, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 11 52 2166651 mobil-dengan-ground-clearence-tinggi-sering-terjadi-body-roll-WlmnoJGaoB.jpg Ilustrasi terjadinya Body Roll (Foto: Ist)

JAKARTA - Mobil yang memiliki gound clearance (tinggi antara tanah hingga bodi mobil) tinggi biasanya cenderung membuat penumpang atau pengendara tidak nyaman utamanya saat sedang menikung karena limbung (body roll).

Body roll, menurut Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu adalah suatu momen saat mobil terasa miring ketika sedang berada di tikungan. Saat mobil berbelok, berat mobil seakan terlempar keluar tikungan sehingga mobil terguling ke arah sebaliknya. Bila berbelok ke kiri, maka mobil akan terpental ke kanan, begitu juga sebaliknya.

Kondisi body roll lebih terasa ketika mengendarai mobil dengan bodi tinggi dalam kecepatan berbelok yang cukup tinggi pula. Mobil jenis SUV dan minibus adalah yang paling sering mengalami kejadian ini.

 Body roll

"Body roll sebenarnya terjadi akibat gaya sentrifugal atau mirip sistem pengering pada mesin cuci dengan cara memutar. Semakin cepat putaran mesin, maka semakin banyak air yang terlempar dari baju,"ungkap Jusri seperti dikutip dari Inews.

Body roll sebenarnya terjadi akibat gaya yang disebut gaya sentrifugal. Gaya yang sama sebenarnya terjadi pada sistem pengering pada mesin cuci yang mengeringkan baju basah dengan cara memutar. 

Semakin cepat perputaran mesin, maka semakin banyak air yang terlempar dari baju. Semakin besar kecepatan saat menikung, akan semakin besar gaya yang mendorong keluar dari tikungan.

 Body Roll

Untuk meminimalisir terjadinya body roll pada tikungan, salah satunya dengan memperlambat kecepatan agar gaya dorong yang dihasilkan tidak terlalu besar. Langkah tersebut juga menjaga kenyamanan bagi penumpang.

Menikung dengan kecepatan tinggi membuat kerja suspensi tidak maksimal sangat berisiko membuat mobil terguling. Karena bobot penumpang dan berat kendaraan yang membuat gaya dorong keluar tikungan semakin besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini