Cara Cek Rem Mobil, Apakah Sudah Aus

Mufrod, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 11 87 2166527 cara-cek-rem-mobil-apakah-sudah-aus-cupCR2VlBu.png Ilustrasi rem mobil. Foto : Istimewa

Rem kendaraan menjadi hal yang penting. Komponen ini makin terasa penting manakala hujan yang turun belum juga selesai hingga bulan mendatang. Kendaraan bisa selip atau meluncur tanpa kendalai bila rem tidak dicek dan dijaga kondisinya.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman menyebut untuk mengecek kondisi rem sebenarnya bukan perkara susah, apalagi bagi pemlik mobil yang bisa membawa mobilnya sendiri.

Dengan kebiasaan membawa mobil sendiri, otomatis membuat pemilik kendaraan cukup terbiasa dengan kondisi ‘normal’ pada mobilnya. Ini artinya, pemilik mobil sebenarnya yang paling tahu apakah rem ini harus diganti atau tidak.

Misalnya, bila biasanya Anda hanya membutuhkan sentuhan ringan lalu kecepatan mobil sudah bisa direduksi, namun sekarang sentuhan harus lebih dalam. Nah, ini menjadi peringatan untuk segera mengecek kondisi rem mobil.

“Untuk pengendara yang biasa mengemudikan mobilnya sendiri, pasti sudah memahami kebiasaan kendaraannya. Ini bisa jadi referensi untuk medeteksi sejak dini ada sesuatu yang tidak beres dan berlanjut ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih intensif,” ucap Suparman.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini