Model Kendaraan Baru Menjamur, Pasar Mobil Bekas Tak Terpengaruh

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 17:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 52 2167990 model-kendaraan-baru-menjamur-pasar-mobil-bekas-tak-terpengaruh-Clsil3zr08.jpg Ilustrasi Bursa Mobil Bekas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Salah satu pemicu dinamika pasar kendaraan roda empat di Indonesia adalah peluncuran model baru. Pada awal tahun ini, sudah ada dua model kendaraan berjenis SUV dan sedan hatchback dari produsen berbeda asal Jepang maupun Korea Selatan.

Munculnya produk baru tersebut biasanya menarik pertumbuhan konsumen kendaraan di segmen serupa. Pasalnya dengan melakukan komparasi secara teknis maupun harga antara sejumlah produk, konsumen bisa menentukan keputusan untuk melakukan pembelian apakah membeli kendaraan baru atau bekas.

 Mobil bekas

Ketika akan membeli mobil bekas, konsumen memiliki pilihan dengan menggunakan hasil komparasinya untuk berburu mobil idaman di pasar kendaraan bekas. Pilihan kendaraan yang tersedia di bursa mobil bekas sendiri cukup beragam, dengan keuntungan berupa harga yang lebih terjangkau oleh calon konsumen.

"Sehingga tidak ada pengaruh khusus maupun langsung dari peluncuran mobil baru, termasuk di segmen SUV dan sedan itu kepada pasar mobil bekas," ujar Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, kepada Okezeone pada Kamis (13/2/2020).

Kendati demikian, saat ini ada kecenderungan konsumen menahan diri dalam membeli mobil. Sikap itu tidak terbatas pada kendaraan bekas, tapi juga terjadi pada mobil baru. "Peluncuran model baru saja tidak akan signifikan pada keputusan konsumen saat ini," katanya menambahkan.

Walaupun situasi politik dan ekonomi terbilang stabil, Herjanto menyebut pengaruh tingkat pendapatan masyarakat di awal tahun juga berperan atas keputusan membeli kendaraan. "Kalau dananya saja tidak mencukupi bagaimana mau melakukan pembelian," ujarnya.

 Mobil bekas

Herjanto juga menyebut adanya kebijakan khusus, yang berpengaruh pada cara transportasi masyarakat, lebih bisa memberi dampak positif pada pasar mobil seken. Misalnya ketika ada pembatasan pelat nomor ganjil genap, pembeli mobil bekas meningkat, khususnya mencari mobil dengan pelat nomor tertentu yang harganya terjangkau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini