nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inggris Bebaskan Sepeda Motor dari Kebijakan Larangan Berbahan Bakar Bensin

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 20:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 53 2168091 inggris-bebaskan-sepeda-motor-dari-kebijakan-larangan-berbahan-bakar-bensin-kym7lFXcZG.jpg Pengguna sepeda motor di Inggris (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Pemerintah Inggris menyampaikan rencana pelarangan kendaraan bermotor bermesin bensin, diesel, maupun hybrid pada 2035 mendatang. Larangan ini berkaitan dengan sasaran pemerintah negara tersebut, mencapai angka bebas emisi karbon pada 2050.

Setelah rencana peraturan ini diumumkan awal bulan ini, Departemen Transportasi Inggris menyebut akan memberi pengecualian kepada pengendara sepeda motor. Seperti dilansir dari laman Motorcycle News, Pemerintah Inggris menilai penggunaan sepeda motor belum berdampak signifikan pada tingkat emisi karbon saat ini.

Teknologi sepeda motor listrik berbasis baterai, juga dianggap oleh otoritas di Inggris jauh tertinggal dibandingkan mobil. Walaupun ada potensi untuk sepeda motor listrik berbasis listrik dapat berperan penting menurunkan angka kemacetan, emisi gas buang, hingga polusi suara yang terdapat di jalanan Inggris.

Langkah pengecualian tersebut, sekaligus menjadi dukungan dari Pemerintah Inggris untuk pengembangan pasar serta industri sepeda motor. Dorongan agar sektor industri sepeda motor mengambil kebijakan ramah lingkungan, diberikan lewat pemberian insentif pengembangan motor berteknologi plug-in hybrid (PHEV) pada 2020 ini.

Jumlah peredaran sepeda motor di Inggris masih kalah jauh dibandingkan populasi mobil secara keseluruhan. Menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Transportasi Inggris, perbandingan antara mobil dan motor di jalan raya negara tersebut saat ini mencapai 24:1.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini