nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selang Rem Bermasalah, Yamaha Recall Motor Sportnya di Jepang

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 22:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 13 53 2168163 selang-rem-bermasalah-yamaha-recall-motor-sportnya-di-jepang-HdKx6Ej5wS.jpg Motor sport Yamaha YZF-R25A (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Pengumuman terkait penarikan kembali (recall) dilakukan Yamaha Motor untuk model sepeda motor sport YZF-R25A dan YZF-R3A di Jepang. Berdasarkan informasi yang disampaikan kepada Kementerian Transportasi Jepang, dua model motor sport terdapat potensi kerusakan yang disebabkan komponen selang rem.

Secara spesifik, temuan masalah terletak pada selang rem bagian depan serta komponen penahan (holder) di sisi yang sama. Pemasangan selang rem yang bersinggungan dengan rangkaian kabel kelistrikan untuk bagian klakson motor, berpotensi menimbulkan kegagalan fungsi rem.

Kontak antar kedua saluran tersebut, dapat membuat aus bahan pelindung selang rem hingga terkelupas. Kerusakan yang terjadi, bisa berujung pada kebocoran oli rem hingga berkurangnya tenaga pengereman secara drastis. Seperti dilansir dari laman Response, Yamaha menemukan risiko gesekan semakin besar saat motor berbelok ke arah kiri.

 Yamaha

Unit motor yang termasuk dalam upaya recall serta perbaikan ini berjumlah 1.127, yang dirakit pada December 2018 hingga Juli 2019 lalu. Produsen berlogo garpu tala akan melakukan pemeriksaan serta mengganti perangkat selang kabel serta penahannya dengan komponen baru.

Temuan kesalahan ini didapat berdasarkan penyelidikan yang dilakukan teknisi Yamaha, sebelum dilaporkan kepada pihak terkait. Hingga pengumuman recall ini disampaikan pada pekan lalu, Yamaha belum menerima laporan kecelakaan atau insiden fatal lain akibat kesalahan komponen rem yang dimaksud.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini