nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salah Masuk Gigi Sebabkan Mesin Mobil Jebol

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 16:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 52 2168523 salah-masuk-gigi-sebabkan-mesin-mobil-jebol-IJoz7fNo8Q.jpg Pengendara memindahkan transmisi mobilnya (Foto: Ekozne.com/

BERLIN - Menjaga konsentrasi penuh selama berkendara, bisa menghindarkan pengendara dari kerugian besar. Seperti dialami pengendara asal Jerman, yang salah mengganti gigi saat saat melaju dalam kecepatan tinggi di jalur bebas hambatan setempat.

Pengendara tersebut secara tidak sengaja memasukkan tuas transmisi ke gigi tiga dari seharusnya gigi lima saat melaju pada kecepatan 150 Kpj. Seperti dilansir dari laman Carscoops, pengemudi pria tersebut baru menyadari kesalahan ketika mengangkat kaki dari pedal kopling.

Tanda kesalahan pergantian pedal transmisi langsung muncul, melalui raungan mesin yang mengalami perputaran secara berlebihan. Upaya untuk memperbaiki keadaan dilakukan pengemudi mobil, dengan kembali memindahkan transmisi dalam kondisi netral sebelum menggeser tuas transmisi untuk masuk ke gigi keempat.

 Mesin BMW

Pemberitahuan kerusakan mesin tidak lama kemudian muncul, pada layar pusat informasi di mobil tersebut. Pesan tersebut keluar usai sistem elektronik mobil membaca adanya kesalahan akibat kelalaian pengemudi memindahkan transmisi sebelumnya.

Dampak kesalahan yang harus ditanggung pengendara mobil tersebut, diketahui saat berada di bengkel. Mesin berkapasitas 3.0 L enam silinder berperangkat turbo dalam mobil itu harus diganti sepenuhnya dengan unit baru. BMW menyebut penggantian tersebut tidak termasuk dalam klaim garansi, akibat kesalahan pengoperasian kendaraan oleh pengemudi.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini