nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanis Erupsi Gunung Merapi

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 11:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 14 87 2168340 tips-bersihkan-mobil-dari-debu-vulkanis-erupsi-gunung-merapi-FR815eo0cz.jpg Ilustrasi menyemprot mobil dengan air (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Fenomena erupsi Gunung Merapi pada Kamis 13 Februari 2020, di kawasan Yogyakarta membuat debu vukanis menutupi bodi mobil yang melintas. Tumpukan material debu tersebut bisa meninggalkan bekas noda dan baret pada mobil, terlebih jika tidak segera dibersihkan.

Kandungan debu vulkanis seperti hasil dari erupsi Gunung Merapi, memiliki kandungan silika tinggi dengan sifat kimiawi yang cenderung asam. Saat melekat terlalu lama, debu hasil erupsi tersebut bisa berdampak korosif pada permukaan kendaraan dengan materi besi atau krom.

 Cuci mobil

Menyemprotkan air dengan tekanan tinggi, menjadi langkah awal pembersihan debu vulkanis yang menempel pada debu mobil. Penyiraman air dilakukan secara terus-menerus hingga partikel abu tidak meninggalkan sisa atau menempel di seluruh bagian mobil.

Selanjutnya pemilik mobil bisa melakukan pengeringan dengan cara mengelap bodi kendaraan dengan lap berbahan microfiber. "Gerakannya searah dan perlahan agar tidak meninggalkan bekas gesekan, karena partikel silika yang terkandung bisa bergesekan langsung dengan bodi mobil," ujar ahli perawatan bodi mobil Christopher Sebastian.

Usai dipastikan bersih dari debu, pemilik mobil bisa melanjutkan pembersihan kendaraan dengan melakukan pencucian menggunakan shampo khusus. Cara ini memberi perlindungan dari kerusakan lanjut pada permukaan cat pada bodi mobil.

Cara pembersihan dengan penyemprotan serta pengeringan menggunakan lap, pada tahap awal juga dapat diterapkan pada kaca mobil. Langkah tersebut bisa mengurangi potensi bekas baret atau noda membandel akibat sisa debu vulkanis yang menempel di permukaan kaca mobil.

 Cuci mobil

Pengguna kendaraan bisa memastikan permukaan bodi dan kaca mobilnya bersih dari debu, dengan memeriksa secara menyeluruh di bawah sinar matahari. Selain itu bisa juga menyorotkan cahaya senter atau lampu terang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini