5 Langkah Mudah Merawat Mobil Tua

Amril Amarullah, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 52 2168879 5-langkah-mudah-merawat-mobil-tua-YNP98lccO9.jpg Koleksi mobil tua (foto: okezone)

JAKARTA - Merawat kendaraan tua tidaklah semudah mobil baru. Butuh kesabaran dan perlakuan khusus agar mobil tua atau klasik bisa tetap berfungsi dengan baik saat berada di jalanan.

Bukan hanya dari segi komponen rentan rusak karena faktor usia pakai kendaraan, juga karena sudah sulitnya ditemukan onderdil yang ada di pasaran. Selain juga mahalnya biaya perawatan.

Namun hal itu tampaknya bukan menjadi masalah bagi para pemilik karena pada umumnya, mobil tua merupakan bagian dari hobi. Berikut ini beberapa langkah membuat mobil kesayangan tetap dalam kondisi prima yang dikutip Okezone dari berbagai sumber:

1. Perhatikan Pelumas

Pelumas atau oli menjadi hal utama yang harus diperhatikan untuk pemilik mobil tua. Pastikan oli dalam kondisi baik dan tidak kurang volumenya. Ini penting karena komponen mesin mobil yang sudah berumur sangat butuh pelumasan untuk bisa bekerja dengan baik.

2. Kebersihan Mobil

Mobil berumur dengan kondisi kotor tentu membuat tak sedap dipandang. Bersihkan mobil sepekan sekali, caranya dibersihkan menggunakan lap basah kemudian dikeringkan atau dicuci semprot. Jika hendak mencuci, pastikan tak ada bagian yang bocor dan rawan terkena air.

Pemilik juga bisa menggunakan sarung atau cover mobil untuk membantu menjaga kebersihan mobil saat tidak digunakan. Penggunaan sarung bisa mencegah bodi mobil tua dari kusam dan lecet akibat debu, suhu panas, hujan, hingga serangan hewan.

3. Gantung Mobil

Gantung mobil tua yang dimaksud ialah melepas keempat ban mobil dan menggantinya dengan dongkrak atau jack stand. Menggantung mobil tua ini mencegah ban menjadi peyang akibat terlalu lama menahan bobot mobil saat diparkir.

4. Jangan Biarkan Diparkir Lama

Sesibuk apa pun luangkan waktu untuk megendarai mobil tua, paling tidak sepekan sekali. Berkendara dengan mobil tua membuat komponen mobil tetap bekerja, selain itu langkah ini bisa dipakai untuk mengurangi bosan dan jenuh dari rutinitas harian.

5. Cabut Kepala Aki

Mobil tua umumnya merupakan kendaraan hobi dan tidak dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Jika demikian, pemilik bisa melepas kepala aki. Cara ini dilakukan untuk memutus aliran sistem kelistrikan, sehingga membantu menambah usia pakai aki.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini