nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Bersihkan Lampu Mobil agar Tak Buram saat Hujan

Amril Amarullah, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 17:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 15 87 2169054 cara-bersihkan-lampu-mobil-agar-tak-buram-saat-hujan-PRjWFHriac.jpg Ilustrasi lampu mobil (foto: ebay.com)

JAKARTA - Bukan hanya ban atau komponan lain, kaca lampu mobil wajib menjadi perhatian pengguna kendaraan khususnya mobil di saat musim penghujan.  

Pencahayaan perangkat headlamp atau lampu depan, tidaklah bisa dianggap remeh, bila kondisi hujan lampu buram, kecelakaan bisa saja terjadi. Karena itu, pengendara wajib lakukan pengecekan perangkat headlamp secara rutin.

(Baca Juga: Langkah Mudah Merawat Motor Agar Awet)

"Jika kondisi headlamp sudah buram tentu kualitas cahaya yang dihasilkan tidak maksimal. Meski cahaya lampu dapat terlihat namun jaraknya pasti berkurang akibat kaca lampu buram," jelas Arjuna, teknisi bengkel di kawasan Depok, Jawa Barat.

Jika rumah kaca headlamp buram, pemilik bisa membersihkannya menggunakan cairan pembersih. Cairan pembersih bisa menghilangkan jamur pada kaca lampu.

Menurut Arjuna, jika cara tersebut tidak berhasil, kaca mobil bisa diamplas untuk mengikis jamur yang telah lama melekat.

"Gunakan amplas halus dengan grit 5.000. Gosok permukaan kaca lampu secara perlahan dan searah, kemudian bersihkan dengan cairan pembersih," tutup Arjuna.

(Baca Juga: Tak Khawatir Isu Korona, Pameran Geneva Motor Tetap Jalan)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini