6 Tips Membeli Mobil secara Online, Nomor 3 Minta Test Drive

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 87 2169251 6-tips-membeli-mobil-secara-online-nomor-3-minta-test-drive-0F1PGAM4jy.jpg Ilustrasi jual beli mobil online (Foto: Okezone.com/Istimewa)

PUBLIK tak perlu lagi repot ketika hendak melakukan transaksi jual-beli kendaraan secara langsung di showroom, sebab platform daring membuat hal itu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan berkat kemajuan teknologi itu, pembeli dapat memilih kendaraan sesuai keinginan dan isi kantong masing-masing.

Laman jual-beli kendaraan yang menyediakan berbagai fitur yang memanjakan pembeli, membuat semuanya lebih mudah. Meski begitu perlu kehati-hatian agar tak kecewa di kemudian hari. Nah agar puas, berikut tips beli kendaraan secara online yang dilansir dari laman How Stuff Works pada Minggu (16/2/2020).

Penjualan mobil

1. Mencari Informasi Lengkap Terkait Mobil Target

Riset secara sederhana melalui informasi yang tersedia, bisa mengerucutkan pilihan mobil yang ada dengan kebutuhan dan keinginan anda. Lakukan perbandingan antara pilihan mobil yang tersedia baik segi teknis, fitur, maupun harga. Terlebih jika terdapat batasan dana yang dikeluarkan untuk membeli mobil tersebut.


2. Pertimbangkan Bantuan Layanan Penjualan Resmi

Jaringan layanan penjualan atau diler memiliki informasi lengkap terkait kendaraan yang ditawarkan di pasar. Selain selisih harga yang ditawarkan diler maupun laman daring, perkirakan juga apakah layanan penjualan lebih mudah dan murah untuk dilakukan dibandingkan melakukan transaksi lewat laman daring.

3. Minta Kesempatan Uji Kendara (Test Drive)

Walaupun tidak semua laman penjualan mobil secara daring memberikan layanan ini, jadwalkan uji kendara atau test drive apabila memungkinkan. Baik dalam membeli mobil baru atau bekas, langkah melakukan test drive dapat memberi gambaran kepada konsumen mengenai performa mobil secara singkat.

4. Minta Berkas atau Laporan Riwayat Kendaraan

Data yang bisa diketahui dari berkas ini adalah tingkat kepemilikan kendaraan, riwayat perbaikan maupun kecelakaan, hingga kelengkapan dokumen maupun status pajak yang harus dibayarkan.

 Penjualan mobil

5. Lakukan Inspeksi Menyeluruh

Hal tersebut penting dilakukan jika anda memutuskan untuk membeli kendaraan bekas yang ditawarkan. Gunakan jasa inspeksi kendaraan independen yang saat ini sudah berada di Indonesia. Penilaian tersebut bisa menjadi daya tawar Anda dalam pembentukan harga transaksi kepada penjual.

6. Tentukan Cara Pengiriman Mobil

Layanan penjualan mobil biasanya menyediakan pilihan untuk mengantarkan kendaraan yan Anda beli menuju rumah, dengan atau tanpa biaya tambahan. Cara lain adalah konsumen mengambil langsung mobil tersebut di lokasi yang sudah ditentukan seperti jaringan diler.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini