Ini Petunjuk Mengenali Mobil Bekas Terdampak Banjir

Agregasi Solopos, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 87 2169273 ini-petunjuk-mengenali-mobil-bekas-terdampak-banjir-JgNbfpKN8M.jpg Ilustrasi mobil terdampak banjir di kawasan sekitar Jakarta (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Genangan banjir yang melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu lalu, juga menimbulkan kerugian pada pemilik mobil akibat terendam air. Untuk menutupi hal tersebut, pemilik kendaraan akan menjualnya ke pasar mobil seken.

Situasi ini bisa merugikan konsumen yang sedang mencari kendaraan di pasar mobil bekas. Pasalnya jika tidak cermat dalam memilih, akan mendapatkan unit mobil bekas banjir yang tentunya memiliki potensi penurunan performa akibat terendam air.

Terdapat cara untuk mengetahui mobil terdampak banjir, agar tidak tertipu dalam melakukan pembelian mobil bekas. Langkah membedakan mobil bekas banjir tersebut dihimpun Solopos dari ulasan yang tayang dalam kanal Youtube Eybel Adnan.

1. Mencermati lokasi asal mobil, melalui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Periksa apakah alamat tersebut termasuk area langganan banjir atau tidak.

2. Perhatikan harga jual mobil tersebut, jika lebih murah dari rata-rata pasar maka bisa memunculkan kecurigaan.

 Mobil Banjir

3. Saat masuk ke dalam kabin, mobil terdampak banjir memunculkan aroma tidak sedap yang terasa tidak wajar seperti apak akibat jamur.

4.Cek bagian di bawah kap mesin untuk mengetahui adanya noda atau karat bekas banjir. Noda tersebut susah dibersihkan dalam waktu singkat.

5. Saat melihat sisi dalam kaca mobil, kendaraan terdampak banjir akan muncul air atau embun yang berlebihan.

6. Pada bagian bagasi, bawah karpet, kain pembungkus jok, karet pintu maupun balik dasbor mobil terdampak banjir terdapat noda tanahm lumpur, sampai bekas sampah kecil.

7. Perbedaan yang terasa dari mobil terdampak banjir pada performa mesin bisa terlihat saat mobil tersebut dinyalakan. Begitu juga jika lampu depan tidak berfungsi normal.

 Mobil Banjir

8. Minta masukan lain dengan mengajak mekanik atau sosok yang paham mesin mobil, dalam mengecek kerusakan komponen.

9. Pastikan sebagai konsumen memilih penjual terpercaya atau orang yang sudah anda kenal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini