nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kegiatan Perakitan Mobil di China Berangsur Normal

Medikantyo, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 09:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 17 52 2169499 kegiatan-perakitan-mobil-di-china-berangsur-normal-jQhvpOZV2J.jpg Ilustrasi pabrik Toyota (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SHANGHAI - Industri otomotif di China menggeliat kembali pekan ini, dengan beroperasinya kembali fasilitas milik sejumlah produsen. Dimulainya proses perakitan kendaraan di masing-maisng pabrik, didukung dengan kembali pulihnya sistem transportasi dan suplai komponen suku cadang selepas ancaman wabah COVID-19.

Kegiatan tiga buah pabrik milik produsen asal Prancis, PSA Peugeot Citroen, sudah dimulai sejak 14 Februari, seperti dilansir dari laman Reuters. Seluruh pabrik tersebut terletak di wilayah kota Wuhan, provinsi Hubei yang disebut sebagai sumber penyebaran virus COVID-19 sejak lebih dari sebulan lalu.

Dimulainya kembali proses pembuatan mobil pada fasilitas pabrik di China, juga diumumkan oleh Toyota mulai pekan ini. Perakitan mobil maupun komponen Toyota di Changchun dan Guangzhou akan mulai berjalan pada Senin (17/2/2020). Sementara kegiatan pabrik lain yang berlokasi di Tianjin, akan dimulai sehari berselang.

 Pabrik Mobil

Toyota sendiri belum mengumumkan kapan memulai kembali operasi pabrik yang terletak di Chengdu. Penundaan operasional pabrik tersebut sudah molor selama dua pekan dari rencana semula yakni 3 Februari lalu, seiring arahan perpanjangan libur imlek serta penanggulangan wabah COVID-19 alias virus korona.

Masing-masing produsen belum mengumumkan apakah kembali menjalankan pabriknya dengan kapasitas penuh atau terbatas. Pasalnya masih ada kekhawatiran mengenai gangguan distribusi suku cadang dan bahan baku, yang turut membayangi produsen lain sehingga urung membuka kembali pabriknya sampai saat ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini