Ragam Konsep Mobil Listrik Perkotaan Masa Depan

Medikantyo, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 52 2169541 ragam-konsep-mobil-listrik-perkotaan-masa-depan-Gq5gp0zd7y.jpg Gordon Murray Motiv ditawarkan sebagai mobil perkotaan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Kendaraan perkotaan berupa mobil listrik berbasis baterai, ditawarkan menjadi solusi mobilitas masa depan. Bentuknya bisa beragam, mulai dari kendaraan berkapasitas empat penumpang berbentuk hatchback sampai konsep mobil otonom yang hanya mengangkut satu orang.

Segmen kendaraan perkotaan berbasis mobil listrik disebut produsen seperti Audi, akan berkembang. Wakil Presiden Pemasaran Produk Audi, Fermin Soneira Santos, mengaku pihaknya membuka kemungkinan untuk membuat kendaraan perkotaan pada platform mobil listrik MEB yang sudah tersedia.

 Audi

Namun model kendaraan itu, tidak akan diproduksi atau beredar dalam waktu dekat. "Rencana itu ada dalam bayangan kami, tetapi sampai sekarang belum ada desain produksi secara nyata. Kami memiliki kemungkinan untuk membuatnya di platform MEB," kata Fermin seperti dilansir dari laman Auto Express.

Audi sempat memajang konsep mobil listrik AI:Me pada ajang pameran Auto Shanghai 2019 lalu, yang bisa menjadi gambaran terkait kendaraan perkotaan masa depan mereka. Secara spesifikasi mobil itu ditawarkan menggunakan baterai sebesar 65 kWh serta meggunakan motor penggerak berkekuatan 170 hp.

Rancangan kendaraan berbasis listrik untuk mobilitas perkotaan juga ditawarkan oleh Gordon Murray Design (GMD) asal Inggris dengan nama Motiv. Bedanya mobil yang digolongkan sebagai quadricycle di Eropa tersebut, hanya bisa mengangkut satu orang penumpang dengan kemampuan teknologi sebagai mobil otonom.

Dibangun menggunakan platform iStream Superlight yang sudah dipatenkan, Motiv mengusung motor penggerak berkekuatan 26 hp dengan baterai 17,3 kWh. Dirancang sebagai kendaraan jarak dekat, mobil listrik ini memiliki jarak tempuh sekitar 100 Km saat baterai terisi penuh.

 Gordon Murray

Mobil dengan tampilan kontemporer itu memiliki panjang sekitar 2,54 meter dengan lebar 1,3 meter. Walaupun bobot kosongnya hanya sebesar 450 Kg tanpa baterai, Motiv ini disebut memenuhi aspek keselamatan berdasarkan uji tabrak yang diterapkan pada mobil biasa. Gordon Murray menyebut kendaraan ini akan siap produksi dalam lima tahun mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini