Great Wall Motor Ambil Alih Pabrik GM Thailand

Medikantyo, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 52 2169754 great-wall-motor-ambil-alih-pabrik-gm-thailand-gXnnPDoJH2.jpg Kegiatan di pabrik General Motors Thailand (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BANGKOK - Usai menyampaikan akan berhenti beroperasi dan menjual kendaraan merek Chevrolet di Thailand, produsen General Motors (GM) dipastikan melepas fasilitas pabriknya. Grup produsen asal China, Great Wall Motor, akan menjadi pemilik baru unit produksi yang terletak di wilayah Rayong, Thailand tersebut.

Konfirmasi mengenai kesepakatan pembelian pabrik tersebut, diketahui melalui pernyataan resmi dari Great Wall Motor pada Senin (17/2/2020). Seperti dilansir dari laman Reuters, Great Wall mengharapkan penyelesaian transaksi dapat sepenuhnya rampung pada akhir tahun ini.

Melalui keputusan melepas fasilitas pabrik dan menghentikan penjualan di Thailand, GM melanjutkan penarikan diri dari pasar di kawasan Asia Tenggara. Sebelumnya, GM juga melepas aset berupa perusahaan maupun menyetop penjualan mobil merek Chevrolet di Indonesia dan Vietnam.

Fasilitas pabrik yang berada di Thailand sendiri terdiri dari dua unit, yakni lini perakitan mobil dan produksi mesin. Unit produksi ini beroperasi sejak 2000 lalu, dengan pengembangan terakhir dilakukan pada 2011. "Pembelian pabrik ini menjadi langkah penting pengmbangan bisnis Great Wall di Thailand dan Asia Tenggara," ujar Global Strategy Vice President Great Wall Motor, Liu Xiangshang.

Selain menjual fasilitas pabrik dan berhenti menjual mobil Chevrolet di Thailand, GM juga mengumumkan pengurangan produksi di Australia dan Selandia Baru. Keputusan yang disampaikan pada Minggu 16 Februari lalu, juga berpengaruh pada penghentian penjualan merek Holden yang memiliki sejarah kuat di wilayah tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini