Alasan Suzuki Melanjutkan Nama XL7 untuk SUV Terbarunya

Medikantyo, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 52 2169848 alasan-suzuki-melanjutkan-nama-xl7-untuk-suv-terbarunya-B4KQewVtxM.jpg Model berpose dengan unit mobil Suzuki XL7 (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki latar belakang menyematkan kembali nama Suzuki XL7 pada model terkininya. Model kendaraan jenis SUV itu meluncur secara resmi bagi konsumen secara global pada akhir pekan lalu melalui sebuah acara di Jakarta.

Nama jual XL7 diakui oleh PT SIS pernah meluncur untuk pasar Tanah Air, tepatnya sebagai varian Suzuki Grand Escudo XL7 pada 2003 lalu. Menurut 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, pencapaian penjualan produk yang mencapai 3 ribu unit di Indonesia rupanya meninggalkan kesan emosional kepada konsumen Suzuki.

"Berdasarkan riset internal nama XL7 masih dikenal walaupun terakhir dijual pada 2003 dan baru sekarang keluar lagi nama tersebut sebagai produk yang berbeda. Itu juga sebuah strategi untuk menyasar konsumen dari sisi fungsional emosional," kata Donny kepada Okezone.

Pemakaian nama tersebut juga terasa sesuai dengan karakter model Suzuki XL7 saat ini dengan pendahulunya. Yakni berupa mobil berjenis SUV dengan kapasitas tujuh penumpang. "Waktu itu Escudo XL7 juga menjadi pionir model SUV dengan kapasitas tujuh penumpang yang sekarang kita perkenalkan lagi," ujar Donny menjelaskan.

Suzuki XL7 sendiri diproduksi secara lokal dalam fasilitas produksi Suzuki di Cikarang, Jawa Barat. Model ini akan bersaing di pasar SUV tujuh penumpang dengan varian keluaran merek lain seperti Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini