nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

GM Pangkas Operasi Global, Merek Ikonik Australia Tutup Buku

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 15:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 18 52 2170362 gm-pangkas-operasi-global-merek-ikonik-australia-tutup-buku-JsvZW57WRY.jpg Mobil terakhir buatan Holden pada 2017 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

DETROIT - Keputusan pahit diambil grup produsen General Motors (GM) untuk mengurangi operasinya secara global, termasuk di Australia dan Selandia Baru. Bersama dengan keputusan pemangkasan kegiatan di sejumlah pasar, GM juga mengumumkan operasi kendaraan merek Holden di kedua negara tersebut.

Alasan utama dari mengakhiri kiprah merek Holden murni disebabkan faktor finansial, karena GM menilai dibutuhkan investasi besar untuk kembali membuat merek tersebut kompetitif. GM secara resmi akan menutup operasi Holden secara penuh, terutama penjualan dan distribusi kendaraan, mulai 2021 mendatang.

Holden didirikan di Melbourne, Australia pada 1856 silam, sebelum General Motors mengambilalih kepemilikan produsen tersebut pada 1931. Setelah mendominasi pasar kendaraan roda empat di Australia dan Selandia baru selama beberapa dekade, Holden kehilangan posisi belakangan ini sekaligus mencatatkan kerugian.

Puncaknya pada 2017 lalu, General Motors memutuskan untuk menutup kegiatan manufaktur Holden. Sebagai penggantinya, unit yang dijual merupakan model impor buatan Opel dan GM Amerika Serikat dengan modifikasi maupun sekadar penempelan logo (rebadge) dari Holden.

Sepanjang 2019 lalu, Holden hanya mencatatkan penjualan sebesar 60.571 unit di Australia. Angka tersebut anjlok 32 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sebagai pembanding penjualan tertinggi dipegang oleh Toyota dengan total 217.061 unit kendaraan sepanjang 2019.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini