Lexus Siap Wujudkan Lebih Banyak Mobil Berteknologi Otonom

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 52 2170548 lexus-siap-wujudkan-lebih-banyak-mobil-berteknologi-otonom-MpkUKzTUas.jpg Riset mobil otonom Lexus (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Pengembangan teknologi kendaraan otonom menjadi salah satu rencana besar produsen asal Jepang, Lexus. Walaupun lebih dikenal sebagai pembuat kendaraan penumpang segmen mewah, Lexus memiliki keinginan menyediakan teknologi kemudi otonom pada lebih banyak varian kendaraan.

Harapan itu disampaikan oleh Presiden Lexus, Koji Sato, kepada laman Autonews yang juga menjawab pengembangan teknologi oleh produsen tersebut. "Kami akan membuat kendaraan otonom generasi pertama pada tahun depan, diharapkan teknologi yang sama bisa dibawa menuju kendaraan lain," ujar Sato.

Lexus mengungkap pengembangan teknologi kendaraan otonom berbasis sedan pada 2017 lalu. Hasil dari riset yang dilakukan baru sanggup menghasilkan fitur teknologi otonom tingkat rendah (Level 2), yang baru akan memasuki tahap ujicoba secara luas pada paruh kedua tahun ini.

Sato enggan menyebut secara spesifik model kendaraan mana, yang menjadi tujuan ujicoba teknologi otonom tersebut secara luas. Tujuan utama dari penerapan tahap awal itu untuk sepenuhnya mengetahui respons pengguna mobil Lexus, serta melakukan penyesuaian dengan regulasi yang ada.

Jabatan sebagai pimpinan tertinggi operasi Lexus ditempati Sato sejak Januari lalu. Pengetahuan mendalam terkait riset teknologi Lexus didapat usai menghabiskan empat tahun masa jabatan sebelumnya, sebagai Chief Engineer lini premium milik Toyota tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini