nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menghemat Bahan Bakar saat Mengendarai Mobil

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 16:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 18 87 2170397 tips-menghemat-bahan-bakar-saat-mengendarai-mobil-SXDc5Dxpla.jpg Ilustrasi (Foto: The Stanford Daily)

JAKARTA - Untuk menghemat bahan bakar mobil, Anda perlu menerapkan cara mengemudi yang baik dan benar. Cara mengemudi akan mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar seperti bensin.

Ada beberapa teknik dasar berkendara mobil agar hemat bahan bakar, berikut ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (18/2/2020).

1. Kecepatan Berkendara Harus Stabil

Pengendara harus memastikan kecepatan saat berkendara stabil. Anda bisa mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 RPM untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

Meskipun demikian, perlu diingat juga setiap mesin memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda. Misalnya saja, mesin 1.0 L akan berbeda dengan mesin 3.0 L di kecepatan yang sama.

2. Perhatikan Perpindahan Gigi

Pengemudi juga harus memperhatikan perpindahan gigi. Untuk mengganti perseneling mobil idealnya dilakukan sebelum mencapai 2.000-3.000 RPM.

 

3. Menjaga Kecepatan saat Menanjak dan Menurun

Saat jalanan menanjak dan menurun, Anda perlu menjaga kecepatan berkendara secara konstan dan stabil. Hal ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras saat tanjakan ataupun turunan.

4. Hindari Pengereman yang Tidak Perlu

Mengendarai mobil secara kasar membuat boros bahan bakar. Oleh karena itu hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Kalaupun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah dengan lembut.

Injak pedal gas dan rem secara halus. Hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini