Pasokan Menipis, Jaguar Land Rover Terbangkan Langsung Suku Cadang dari China

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 52 2170887 pasokan-menipis-jaguar-land-rover-terbangkan-langsung-suku-cadang-dari-china-XagtC9yXWg.jpg Ilustrasi pabrik Jaguar Land Rover (Foto: Okezone.com/Istimewa)

COVENTRY - Jaguar Land Rover menyebut akan kehabisan komponen suku cadang untuk perakitan mobil buatannya dalam kurun waktu dua pekan mendatang. Masalah tersebut muncul usai terhambatnya suplai komponen suku cadang mobil akibat wabah COVID-19 di China.

Untuk mengatasi kemungkinan habisnya stok sejumlah suku cadang komponen yang dipakai dalam perakitan mobil Jaguar Land Rover di Inggris, produsen tersebut mengambil langkah darurat. "Kami menerbangkan langsung komponen tersebut menggunakan koper dari China ke Inggris," ujar CEO Jaguar Land Rover, Ralf Speth seperti dilansir dari laman Autonews.

Masalah kehabisan komponen bahan baku perakitan mobil ini melanda tiga buah fasilitas pabrik Jaguar Land Rover di Inggris. Kemampuan perakitan kendaraan dalam ketiga pabrik tersebut mampu menghasilkan sebanyak 400 ribu unit mobil per tahun.

Selain menjadi sumber suplai suku cadang dan komponen perakitan mobil, China juga menjadi pasar potensial untuk Jaguar Land Rover. Penjualan mobil keluaran produsen tersebut menyumbang keuntungan dalam setahun terakhir, sehingga mampu membantu neraca keuangan Jaguar Land Rover menyentuh level positif.

Produksi mobil Jaguar Land Rover di China sendiri mungkin akan mengalami masalah serupa saat kembali beroperasi pada 24 Februari mendatang. Sumber yang dikutip laman Autonews menyebut stok suku cadang dalam pabrik tersebut akan habis setelah produksi berjalan selama sepekan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini