nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Besaran Anjloknya Harga Mobil Seken Terdampak Banjir Rob

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 21:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 19 52 2171127 ini-besaran-anjloknya-harga-mobil-seken-terdampak-banjir-rob-fLnfar4nz8.jpg Ilustrasi mobil terdampak banjir di kawasan sekitar Jakarta (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Perbaikan kendaraan terdampak banjir, tidak bisa menjamin kondisi kendaraan kembali optimal sepenuhnya. Sehingga berpengaruh terhadap penurunan harga secara signifikan ketika dijual sebagai unit kendaraan seken. Hal tersebut disampaikan Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

Kondisi unit mobil yang terdampak banjir memang berpeluang diperbaiki hingga tampak seperti baru lagi. "Namun, pasti akan muncul masalah yang tidak bisa diduga terutama pada bagian kelistrikan, bodi, sampai kaki-kaki," ujarnya saat dihubungi Okezone pada Rabu (19/2/2020).

Pengaruh lebih parah bisa diakibatkan oleh genangan air pasang laut atau biasa disebut banjir rob. Kandungan garam dalam air memiliki peluang merusak komponen kendaraan lebih besar, dibandingkan kondisi banjir akibat hujan deras seperti umumnya.

Herjanto menyebut sudah jarang menemui mobil dengan kondisi terdampak banjir rob tersebut. "Kalau pemilik mobil dengan lingkungan rawan banjir rob sudah mulai terbiasa meninggikan area parkir sehingga tidak kebanjiran," ucapnya. Keadaan itu disebutnya tidak bisa dibandingkan dengan kasus dengan mobil terdampak banjir hujan deras awal tahun ini misalnya.

Unit kendaraan terdampak banjir besar Jakarta lalu banderolnya bisa menurun sebesar 30 persen dari harga pasaran normal. Sedangkan menurut Herjanto, mobil yang diketahui memiliki riwayat pernah terdampak banjir rob bisa anjlok lebih besar dari kisaran itu.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini