4 Tips untuk Hemat Bahan Bakar Motor

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 87 2170899 4-tips-untuk-hemat-bahan-bakar-motor-l7dLOTj9l6.jpg Ilustrasi (Foto: Deuscustom)

JAKARTA - Cara berkendara bisa menjadi alasan mengapa bahan bakar motor Anda boros. Bahan bakar motor akan cepat habis ketika cara bekendaranya asal-asalan. Oleh karena itu, cara berkendara yang baik harus diperhatikan.

Berikut beberapa cara berkendara untuk menghemat bahan bakar motor Anda, seperti dikutip dari laman Queenrides, Rabu (19/2/2020).

1. Panaskan Mesin 3-5 Menit Saja

Jangan terlalu lama memanaskan mesin motor, cukup 3-5 menit saja. Waktu tersebut sudah cukup untuk membuat oli bersirkulasi ke semua bagian mesin motor.

2. Jangan ‘Main Gas’

Kurangi kebiasaan 'main gas'saat berkendara motor. Untuk menghemat bahan bakar, cobalah melakukan stop and go buka tutup gas dengan halus.

3. Jangan Biarkan Ban Kempis

Jangan biarkan tekanan ban kempis, pasalnya tekanan angin yang kurang juga dapat menyedot bahan bakar yang lebih banyak dari seharusnya.

Saat kempes, tapak ban yang menempel di tanah jadi lebih banyak sehingga menimbulkan tahanan lebih besar pula di gerakan. Otomatis, daya atau tenaga yang dibutuhkan juga menjadi lebih besar.

4. Matikan Mesin Motor saat Berhenti

Untuk motor yang belum menggunakan teknologi Idling Stop System (ISS), sebaiknya matikan mesin motor ketika berhenti sebentar di lampu merah atau mengantre di pom bensin. Tujuannya, tentu agar bahan bakar tak terbuang percuma.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini