Produsen Ini Ungkap Proyek Rahasia Terkait Mobil Otonom

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 52 2171569 produsen-ini-ungkap-proyek-rahasia-terkait-mobil-otonom-RohMkw4tet.jpg Proyek mobil otonom Jaguar Land Rover (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Rencana terkait mobilitas penumpang masa depan diungkap Jaguar Land Rover pada pekan ini. Produsen tersebut bersiap melakukan platform produksi kendaraan elektrifikasi terbaru, yang memiliki kemampuan menunjang pembuatan kendaraan otonom di masa mendatang.

Proses pengerjaan kendaraan berbasis platform bernama Project Vector ini, akan terpisah seluruhnya dari pengembangan lini model kendaraan Jaguar Land Rover saat ini maupun di masa depan. Riset mengenai platform produksi ini menjadi rahasia produsen asal Inggris tersebut selama beberapa tahun belakangan.

Langkah pengembangan Project Vector disebut menjadi salah satu riset terbesar dan paling penting dalam agenda Jaguar Land Rover. "Vector adalah langkah kami dalam hal inovasi untuk menyampaikan misi mobilitas masa depan," ujar CEO Jaguar Land Rover, Ralph Speth.

Model kendaraan otonom yang nantinya terbangun dari platform ini, menawarkan kapasitas kabin yang lapang serta fleksibel dari segi penempatan ruang. Merancang platform produksi mobil otonom berbasis elektrifikasi juga menjadi bagian dari konsep minim emisi, minim kecelakaan, dan minim kemacetan dari Jaguar Land Rover.

Dukungan langsung untuk pengembangan ini, sudah didapat Jaguar Land Rover dari otoritas kota Coventry dan kawasan West Midlands. Otoritas kedua wilayah tersebut menjadi lokasi fasilitas penelitian serta pengujian platform produksi mobil otonom milik Jaguar.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini