nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pabrik Volkswagen di China Masih Terkendala Dampak Wabah Covid-19

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 23:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 20 52 2171787 pabrik-volkswagen-di-china-masih-terkendala-dampak-wabah-covid-19-UWGlpv1Sge.jpg Ilustrasi pabrik Volkswagen (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SHANGHAI - Fasilitas produksi milik usaha bersama Volkswagen dan SAIC di China belum dapat beroperasi, akibat keterbatasan suplai komponen dan transportasi. Penundaan suplai komponen dan jalur logistik terjadi karena pembatasan perjalanan oleh otoritas China untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan perakitan mobil dalam lima fasilitas produksi milik SAIC-Volkswagen masih akan tertunda hingga 24 Februari. Rencana ini molor sepekan dari jadwal semula pengaktifan kembali lini produksi pada 17 Februari lalu. "Kami berusaha mengatur penjadwalan produksi kembali normal usai penundaan ini," ujar juru bicara Volkswagen China seperti dilansir dari laman Autonews.

Salah satu fasilitas produksi SAIC-Volkswagen yang terdampak merupakan pabrik di Anting, yang sedang mengalami peningkatan platform produksi MEB untuk lini mobil listrik. Sementara pabrik lain juga menjadi lokasi perakitan mobil bermerek Skoda untuk pasar China.

Keterangan resmi Volkswagen China juga menyebut perusahaan akan menerapkan langkah pencegahan wabah Covid-19 dalam area pabrik. Kebijakan tersebut antara lain mewajibkan penggunaan masker untuk karyawan, serta penggunaan alat pengukur suhu tubuh di pintu masuk pabrik.

Operasi usaha dengan SAIC menghasilkan keuntungan sebesar 15,9 persen untuk Volkswagen, dari pemasukan sebesar 28,9 juta Euro sebelum pajak berdasarkan data pada 2018 lalu. Volkswagen memiliki afiliasi usaha bersama perusahaan lokal lainnya FAW Group, dengan tiga pabrik yang saat ini sudah beroperasi normal.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini