nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langkah Sederhana Merawat Mobil Bertransmisi Matik

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 13:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 20 87 2171409 langkah-sederhana-merawat-mobil-bertransmisi-matik-tTY92nK2c5.jpg Ilustrasi mobil transmisi otomatis (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Mobil bertransmisi otomatis membuat pengemudi berkendara lebih nyaman, karena tidak perlu menginjak pedal kopling dan memindah tuas. Namun, kenyamanan tersebut wajib diimbangi dengan langkah perawatan sederhana agar kendaraan bisa beroperasi optimal.

Termasuk memahami karakter transmisi otomatis dan menyesuaikan dengan gaya berkendara pengemudi dalam keseharian. Okezone merangkum secara singkat tips dari sejumlah sumber termasuk keterangan teknisi sekaligus pakar transmisi otomatis, Hermas Prabowo.

Mengendarai Mobil Sewajarnya

Pengemudi tidak disarankan untuk berkendara secara ugal-ugalan, termasuk memaksakan akselerasi secara berlebihan. Walaupun teknologi transmisi otomatis memiliki kemampuan untuk menyesuaikan perputaran mesin dengan kecepatan, gaya berkendara agresif bisa mengurangi usia pakai komponen tersebut.

Memberi Jeda Usai Memindahkan Posisi Tuas

Perpindahan transmisi antar gigi di mobil matik juga membutuhkan waktu sejenak, agar masuk menuju gigi yang sesuai. Misalnya saat pengemudi memindahkan gigi dari N menuju D, tidak disarankan untuk langsung melakukan akselerasi namun secara perlahan menjalankan kendaraan dengan mengangkat kaki dari pedal rem.

Memanaskan Mesin Kendaraan Secara Rutin

Langkah sederhana yang bisa menjaga usia pakai transmisi matik pada mobil adalah menyempatkan melakukan pemanasan pada mesin mobil. Tetapkan posisi tuas di gigi P selama memanaskan mobil dengan durasi sekitar 1 menit, agar pelumas mulai bekerja di komponen transmisi.

Mengontrol Kondisi dan Mengganti Oli Transmisi Secara Rutin

Langkah ini sebaiknya dilakukan pada bengkel khusus mobil transmisi otomatis, dalam kurun jarak tempuh tertentu. Penggantian oli secara rutin mesin mobil akan lebih awet dan performa perangkat transmisi terjaga, sehingga memberi kenyamanan kepada pengguna mobil selama perjalanan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini