Mobil Listrik Buatan Jerman Dapat Peningkatan Teknologi Baterai

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 52 2172303 mobil-listrik-buatan-jerman-dapat-peningkatan-teknologi-baterai-RubmrX9I2e.jpg Porsche Taycan (Foto: Okezone/Istimewa)

LOS ANGELES - Porsche dikabarkan sedang melakukan peningkatan kualitas baterai mobil listriknya, Taycan. Peningkatan baterai bawaan mobil listrik buatan Jerman itu, berkapasitas 93,4 kWh ini dilakukan untuk menambah jarak jelajah mobil listrik yang saat ini baru menyentuh angka 323 Km.

Kemampuan tempuh mobil listrik Porsche Taycan itu terpaut jauh dengan saingan terdekatnya Tesla Model S Long Range, yang mampu melaju 627 Km. Jarak jelajah itu dihitung berdasarkan standar EPA dengan kondisi baterai 100 kWh milik Tesla Model S Long Range itu terisi penuh.

Informasi mengenai peningkatan teknologi baterai ini diungkap oleh laman Carbuzz, berdasarkan informasi seorang konsumen di Amerika Serikat. Konsumen mobil Porsche yang membuat unggahan di media sosial tersebut mengatakan pengiriman unit miliknya tertunda seiring adanya peningkatan baterai selama sepekan tanpa keterangan lanjut.

Belum ada konfirmasi dari pihak Porsche terkait adanya rumor pembaruan teknologi baterai tersebut, baik pada komponen atau piranti lunak pengelola daya yang ada. Begitu juga dengan kepastian peningkatan baterai pada masing-masing varian yakni Taycan 4S, Taycan Turbo, dan Turbo S.

Mobil listrik Porsche Taycan ini juga memiliki sistem keluaran baterai sebesar 800 Volt yang berbeda dengan pesaingnya, yang biasanya memakai sistem 400 Volt. Sebenarnya hal ini memiliki keuntungan dalam hal kecepatan pengisian ulang, juga membawa kekuarangan berupa borosnya pemakaian daya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini