nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajang Balap Populer Amerika Serikat Disarankan Pakai Mesin Hybrid

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 21:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 21 52 2172350 ajang-balap-populer-amerika-serikat-disarankan-pakai-mesin-hybrid-xPDJFRD2qL.jpg Toyota Camry versi Nascar (Foto: Okezone.com/Istimewa)

DETROIT - Opini terbaru muncul dari pimpinan tertinggi Toyota Amerika Serikat mengenai ajang balap populer negara tersebut, Nascar. Menurut pendapat Presiden Toyota Amerika Serikat, David Wilson, era modern pada akhirnya akan mendorong ajang balap di lintasan oval itu untuk memakai mesin berteknologi hybrid.

Rencana tersebut memang harus melalui jalan panjang sebelum dapat terwujud secara nyata. Sebabnya, terdapat berbagai pertimbangan secara teknologi serta penyesuaian kemampuan mesin dengan ajang balap. Selain itu, regulasi Nascar mengharuskan adanya keseimbangan performa atau skala kompetitif antara tiap tim peserta.

Toyota sendiri disebut siap mengembangkan mesin berteknologi hybrid untuk dipakai dalam ajang balap ini. Kendala paling nyata terkait pengembangan ini, adalah bagaimana mendapatkan energi kinetik untuk memantik pengisian dalam lintasan balap Nascar tersebut.

Lintasan berbentuk oval ini tidak banyak memiliki titik pengereman untuk menjalankan sistem regeneratif untuk pengisian daya baterai mobil hybrid. "Kami lebih dulu harus merancang teknologi mesin yang memiliki kekuatan maupun nilai lebih sebelum ditawarkan ke ajang ini," ujar Wilson seperti dilansir laman Car and Driver.

Wilson menekankan bahwa mesin tersebut harus dapat digunakan Toyota secara strategis dalam ajang balap di masa depan. Saat ini, mobil balap Nascar buatan Toyota memakai mesin tipe V8 berkapasitas 6.3 L yang dikembangkan oleh Toyota Racing Development.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini